Bupati Bireuen Kembali Lantik Serentak 14 Keuchik Gampong

Adsense

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Bupati Bireuen Kembali Lantik Serentak 14 Keuchik Gampong

4/21/2022



Peunawa.com | Bireuen - Bupati Bireuen Dr. H. Muzakkar A. Gani, S.H.,M.Si mengambil Sumpah sekaligus melantik 14 Keuchik Gampong (Kepala Desa_red) periode 2022-2028 di Oproom Kantor Bupati setempat secara serentak pada Kamis (21/04/2022).

14 keuchik yang dilantik berasal dari tujuh kecamatan dalam Kabupaten Bireuen, yaitu dari Kecamatan Peusangan, Kota Juang, Kuala, Juli, Jeumpa, Peudada dan Kecamatan Pandrah.

Keuchik merupakan perwakilan masyarakat gampong yang diberi mandat dan kepercayaan untuk menjalankan tugas, wewenang dan kewajiban di tingkat pemerintah gampong, hal ini sesuai dengan pasal 115 ayat 3 Undang-undang Pemerintahan Aceh (UUPA), gampong dipimpin oleh keuchik yang dipilih secara langsung oleh masyarakat untuk masa jabatan enam tahun ke depan.

Pengangkatan Keuchik sesuai dengan Qanun Aceh nomor 4 tahun 2009 tentang tata cara pemilihan dan pemberhentian keuchik. Qanun Kabupaten Bireuen nomor 6 tahun 2018 tentang pemerintahan Gampong.

Bupati Bireuen Dr.H.Muzakkar A Gani,SH.,M.Si dalam sambutannya berharap Keuchik terpilih dapat menjadi pemimpin yang mampu melakukan perubahan, baik pelayanan, kinerja organisasi, serta mampu menyahuti tuntutan masyarakat.

"Utamakan pelaksanaan Syariat Islam, aspiratif terhadap kepentingan masyarakat,ujarnya.

Selain itu, Bupati juga menghimbau terkait program vaksinasi yang gencar dilakukan pemerintah secara gratis kepada seluruh masyarakat, diharapkan mendapat dukungan seluruh elemen agar masyarakat di Kabupaten Bireuen segera aman dari bahaya bencana non alam, Pandemi Covid-19.

Sebelumnya pada tanggal 17 Februari 2022, Bupati Bireuen Dr.H.Muzakkar A Gani,SH.,M.Si juga melantik 13 Keuchik Gampong secara serentak dari sembilan kecamatan dalam kabupaten Bireuen.(*)