Kankemenag Bireuen Gelar Sertijab Kepala Baru


-->

Peunawa

Iklan Berjalan

Kankemenag Bireuen Gelar Sertijab Kepala Baru

Senin, 23 Mei 2022



Peunawa.com | Bireuen - Pegawai Kankemenag Bireuen menyambut pimpinan baru Dr.Muhammad Amin,S.Ag.,MA di aula kantor Cot Gapu, Bireuen pada Senin (23/05/2022) menggantikan Kepala sebelumnya Drs.H.Zulkifli Idris,M.Pd.

Prosesi penyambutan diawali dengan pengalungan bunga oleh kakankemenag lama kepada kakankemenag baru sesaat setelah turun dari kendaraan, disaksikan pejabat dan ASN Kankemenag Bireuen dan rombongan yang mengantar dari Kabupaten Pidie.

Drs H Zulkifli Idris MPd di awal sambutannya mengucapkan selamat datang kepala Kankemenag Bireuen yang baru, Dr Muhammad Amin SAg MA dan rombongan pengantar.

Berikutnya ia menyampaikan profil singkat Bireuen dan Kankemenag, menurutnya Bireuen merupakan salah satu wilayah kabupaten yang sangat strategis, memiliki 17 kecamatan dengan 609 desa atau Gampong.

Sementara Kemenag Bireuen memiliki Pegawai Negeri Sipil (PNS) terbanyak dibandingkan dengan 22 kabupaten/kota lainnya di Aceh, dengan total 1.718 PNS. 

Sebanyak 1.436 PNS di antaranya adalah jabatan guru, selebihnya jabatan fungsional Penyuluh Agama Islam (PAI) dan penghulu, tiga jabatan fungsional perencana dan dua jabatan fungsional analis keuangan, serta jabatan pelaksana lainnya.

Adapun lembaga pendidikan terdiri dari 20 Raudhatul Atfal (RA) yang semuanya swasta, 55 Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN), tiga Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS), 11 MTsN, 22 MTsS, tujuh MAN dan 17 MAS, rinci Zulkifli yang telah bertugas selama lima tahun kurang 24 hari di Kankemenag Bireuen. 

Ia menambahkan, angka pernikahan di Bireuen secara umum pertahun mencapai 5000-an pasang. Sementara angka perceraian juga lumayan tinggi yaitu sekitar 650-an pasang pertahun, lanjutnya. 

Ia berharap, sepeninggalnya Kakankemenag yang baru dapat membangun komunikasi dan saling bersinergi dalam bekerja. “Pegawai Kankemenag Bireuen baik-baik semuanya dan saya yakin ke depan mereka akan bekerja lebih baik,” pungkas Zulkifli.

Sementara itu Kakankemenag baru, Dr Muhammad Amin SAg MA dalam sambutannya menyatakan bahwa keberadaannya merupakan pengemban amanah yang diberikan oleh kepala kantor wilayah Kemenag Aceh.

Karena itu saya mengharapkan bantuan dan kerjasama bapak-ibu untuk dapat bekerja sama dan saling bersinergi dalam rangka membangun pendidikan dan pelayanan di kabupaten Bireuen.

“Saya adalah orang baru dan baru dipromosikan sebagai kepala kantor untuk pertama kali. Jadi saya mengharapkan bantuan dan kerjasama dari kasubbag, para kepala seksi dan penyelenggara serta seluruh ASN,” pinta Muhammad Amin.

Ia juga mengucapkan terima kasih atas sambutan yang diberikan ASN Kankemenag Bireuen sekaligus mengharapkan kelancaran dan keberhasilan bagi Kankemenag Bireuen ke depan.

Pada kesempatan itu, turut hadir mengantar Kakankemenag Bireuen yang baru antara lain Kakankemenag Pidie, Drs H Abdullah MAg, sesepuh Kemenag Aceh, Waled Bukhari, para kepala seksi, kepala KUA, kepala madrasah, dan beberapa staf Kankemenag Pidie.

Untuk diketahui, Muhammad Amin sebelumnya menjabat sebagai penghulu ahli muda dan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Peukan Baro Kabupaten Pidie, sementara Zulkifli sendiri dimutasikan sebagai Kepala Kankemenag Kota Lhokseumawe, menggantikan Drs H Boihakki MSos.(Farizal)