Kabupaten Bireuen Raih Penghargaan Percepatan Penurunan Stunting 2022


Adsense

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Kabupaten Bireuen Raih Penghargaan Percepatan Penurunan Stunting 2022

08/07/22

Jakarta l Peunawa.com - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah melaksanakan Workshop penguatan dan pelaksanaan percepatan penurunan Stunting dan pemberian penghargaan Atas Penilaian Kinerja 8 Aksi konvergensi Penurunan Stunting di Regional I yang dilaksanakan di Gammara Hotel Makassar Sulawesi Selatan pada hari Kamis tanggal 6 Juli 2021.

Penghargaan diterima Bupati Bireuen Dr H Muzakkar A Gani, SH MSi diwakili oleh Sekdakab Bireuen Ir Ibrahim Ahmad, MSi saat acara malam penganugerahan hasil penilaian kinerja Pemerintah Kabupaten/Kota dalam percepatan Penurunan Stunting tahun 2021.

Kabupaten Bireuen sebagai salah satu dari Kabupaten/Kota Lokus penurunan Stunting di Aceh mendapatkan piagam penghargaan atas terpilihnya sebagai Kabupaten terbaik Peringkat 2 se Provinsi Aceh Pada Penilaian Kinerja 8 Aksi Konvergensi.

Piagam Penghargaan diserahkan oleh R. Budiono Subambang, ST, MPM selaku Direktur SUPD III Direktorat Jenderal Bangda Kemendagri yang diterima langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bireuen selaku ketua TPPS, Ir. Ibrahim Ahmad, MSi.

R. Budiono mengatakan penghargaan yang diterima sebagai bentuk apresiasi dan pengakuan Pemerintah Pusat terhadap keberhasilan Pemerintah Kabupaten Bireuen yang mampu menekan angka prevalensi stunting menjadi 24,3 Persen pada tahun 2021, dari 32,88 persen pada tahun 2019 menurut hasil SSGI.

“Artinya Kabupaten Bireuen mampu menekan angka prevalensi stunting sebesar 8.58 persen dalam kurun waktu tahun 2019 sampai tahun 2021, angka Prevalensi Stunting Kabupaten Bireuen ini merupakan urutan ketiga terendah di Provinsi Aceh setelah Kota Banda Aceh (23,4 persen) dan Sabang (23,8 persen),” jelasnya setelah acara penyerahan penghargaan.

Menurutnya, banyak upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bireuen sehubungan dengan kewajiban Kabupaten Bireuen sebagai Lokasi Fokus dalam percepatan penurunan stunting untuk melakukan pemenuhan delapan aksi konvergensi stunting.

Saat ini katanya, Pemerintah Kabupaten Bireuen juga terus melakukan aksi, inovasi, monitoring dan Evaluasi hingga ke tingkat gampong yang langsung di dampingi oleh para pengambil kebijakan dan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Bireuen.

“Terima kasih kepada Bupati DR. Muzakkar A. Gani, SH, M.Si dan semua stake holder terkait terutama OPD penanggung jawab layanan yg telah berpartisipasi aktif atas kerja samanya dan sama2 bekerja. Bersama Kita Bisa, Semoga Allah selalu memberi petunjuk dan melindungi kita,” pungkas R. Budiono.(Rilis)