Menuju Diskusi Cendekia, Pengurus Wilayah Masika ICMI Aceh Sambangi Rektor USK


Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Menuju Diskusi Cendekia, Pengurus Wilayah Masika ICMI Aceh Sambangi Rektor USK

24/08/22

Peunawa.com
Rektor Universitas Syiah Kuala, Prof. Dr. Marwan, IPU mendapat kehormatan menjadi Ketua Dewan Pakar Majelis Sinergi Kalam Ikatan Cendekiawan Muslim Se-Indonesia (Masika ICMI) Provinsi Aceh Periode 2022-2025. Hal ini  tertuang di dalam Surat Keputusan Pengurus Nasional Masika ICMI Nomor: 009/SKO/Masika-ICMI/VI/2022 Tanggal 3 Juni 2022.

Masika ICMI adalah organisasi untuk mengembangkan tradisi kecendekiawanan kaum muda muslim Indonesia yang berorientasi refleksi dan transformatif dalam rangka memerankan tanggung jawab etis patisan cendekiawan muda sebagai lapisan sosial strategis di Indonesia. Organisasi ini merupakan lembaga otonom dari ICMI.

Sebagai Ketua Dewan Pakar, Marwan menjadi bahagian dari kepengurusan lengkap di tingkat wilayah yang berfungsi sebagai pemberi saran dan masukan terhadap jalannya roda kepengurusan. Dalam menjalankan peran dan fungsinya, Dewan Pakar dapat memberikan nasehat kepada Pengurus Masika baik diminta ataupun tidak agar terwujudnya sinergisitas dalam tata kelola organisasi.

Untuk mewujudkan sinergisitas tersebut, Pengurus Wilayah yang diketuai oleh Dr. Muhammad Yasar, S.TP., M.Sc melakukan kunjungan resmi bersama para jajaran kepengurusan yang dipimpinnya, Selasa, 24/08/2022.

Dalam pertemuan di ruang kerja Rektor USK tersebut, pihak Pengurus Wilayah melaporkan beberapa agenda kerja ke depan terutama terkait rencana kegiatan diskusi cendekia yang akan digelar dalam rangka pengukuhan atau pelantikan kepengurusan wilayah periode 2022-2025 pada pertengahan september mendatang.

Menurut Yasar, program-progam keorganisasian Masika lebih kepada menjalankan tradisi kecendekiawan yang tidak jauh-jauh dari nuansa akademik. Sebagai cendekiawan muda muslim, Masika ICMI harus mampu memainkan peran strategis dalam menyumbang pikiran dan gagasan serta aksi nyata yang bermanfaat dalam mendorong perubahan sosiokultural masyarakat dan kemajuan daerah, bangsa dan negara.

“Sebagai terobosan awal kita, moment pelantikan nanti akan kita manfaatkan sebagai ajang pertemuan para cendekiawan baik yang tergabung dalam dewan pembina, dewan pakar, pengurus nasional, pengurus wilayah, hingga pengurus daerah, termasuk ICMI sebagai induk organisasi”, ungkap Yasar.

Untuk itu kita mengundang Prof. Marwan menjadi pembicara kunci (keynote speaker) pada diskusi cendekia nantinya dengan para panelis yang terdiri-dari dewan pakar dan dewan pembina. “Untuk memperkaya diskusi ilmiah ini, Masika ICMI Aceh akan melaunching karya kolaborasi perdana Buku Arterisma Nanggroe yang berisi beragam pemikiran dan gagasan dari para intelektual muda Islam Aceh”, ujar Yasar.

“Insya Allah launching karya monumental ini akan dilakukan langsung oleh Ketua Umum Masika ICMI, Dr. Ismail Rumadhan, MH”, ungkap Yasar.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Sekretaris Wilayah, Muhammad Fadhil, ST., MT, Ketua Panitia, Dr. Monalisa, ST., M.Si, beserta para jajaran pengurus lainnya yang tergabung dalam kepanitiaan, yakni: Husaini Yusuf, Regina Rahmi, Rahmisyah, Darmansyah D, Faturrahmi, Yulizar, dan Saisa.(M)