PJ Bupati Bireuen ziarah ke Makam Pahlawan Nasional Kolonel (Purn) Husein Jusuf


Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

PJ Bupati Bireuen ziarah ke Makam Pahlawan Nasional Kolonel (Purn) Husein Jusuf

16/08/22

Pj Bupati Bireuen Aulia Sofyan, S.Sos.,M.Si Lagi Menabur Bunga ke Makam Pahlawan Nasional Kolonel (Purn) Husein Jusuf 

Peunawa.com l PJ Bupati Bireuen, Dr. Aulia Sofyan, S.Sos.,M.Si, bersama Forkopimda melakukan ziarah ke Makam Pahlawan Nasional Kolonel (Purn) Husein Jusuf dan makam isterinya Letda (Purn) Ummi Salmah.

Upacara Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan ini menjadi salah satu rangkaian kegiatan setiap peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia di Kabupaten Bireuen.

Hal ini selalu dilaksanakan Dalam Rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Republik Indonesia ini dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan yang terletak di Gampong Geulumpang Payong, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen, Selasa (16/8/2022),

Dalam upacara ziarah nasional itu Kapolres Bireuen, AKBP, Mike Hardy Hirapraja,S.I.K, M.H. bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Sementara itu, Ipda M. Nazarullah S.H, (Kapolsek Peudada) sebagai Komandan Upacara dan Letda Inf Rusli Pasi Pers Kodim 0111/Bireuen, sebagai Perwira Upacara.

Kegiatan dirangkai dengan peletakan karangan bunga oleh Letkol Inf. M. Ali Akbar S.I.P., dan penaburan bunga oleh Pj Bupati Bireuen, Aulia Sofyan beserta Ketua DPRK Bireuen dan unsur Forkopimda di makam Husien Jusuf dan makam isterinya Ummi Salmah.

Usai kegiatan upacara, Pj Bupati Bireuen, Aulia Sofyan kepada wartawan mengatakan kunjungan ke makam Kolonel (Purn) Husein Jusuf dan makam isterinya Letda (Purn) Ummi Salmah ini, merupakan kegiatan perdana setelah dilantik sebagai Pj Bupati Bireuen.

“Yang paling utama kita petik dari suasana kegiatan ini yaitu mengenang jasa-jasa beliau dan tokoh-tokoh lainnya,” sebutnya.

Kepada generasi muda sebagai penerus bangsa diharapkan dapat mengikuti perjuangannya dan tokoh-tokoh lainnya, dengan menjaga persatuan bangsa dan tidak saling menjelekkan sehingga ke depan bisa bersatu membangun daerah dengan baik.

“Banyak generasi muda kita, yang tidak tahu siapa Kolonel (Purn) Husein Jusuf, padahal beliau adalah pejuang yang luar biasa,” kata Aulia Sofyan.

Dikatakannya, Pemerintah Kabupaten berinisiatif untuk membuat pagar kuburan sehingga terkesan lebih bagus. Kalau masuk ke sini, selama ini seakan masuk lorong, seolah bukan Makam Pahlawan.

“Kita segera anggarkan anggaranya, Insya Allah di akhir tahun pagar makam pahlawan tersebut sudah kita buat,” kata Pj Bupati Bireuen ini.

Untuk diketahui, Kolonel (Purn) Husein Jusuf adalah Panglima Divisi X Komendemen Sumatera Langkat dan Tanah Karo, bermarkas di Kota Juang (Pendopo Bupati Bireuen), lahir pada 1901 dan wafat pada 1 Juni 1978.

Sementara, Letda (Purn) Ummi Salmah pada masa itu, bertugas sebagai Perwira Intelijen Gubernur Militer Aceh dan Ketua PITRI (Persatuan Istri Tentara Republik Indonesia) wilayah Aceh.