Tim Dosen PNL Berhasil Kembangkan Alat untuk Meningkatkan Produksi Sabut Kelapa Lokal Aceh

Adsense

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Tim Dosen PNL Berhasil Kembangkan Alat untuk Meningkatkan Produksi Sabut Kelapa Lokal Aceh

12/23/2022

Lhokseumawe - Sejumlah Dosen Politeknik Negeri Lhokseumawe(PNL) bersama Kemdikbudristek dan LPDP Mengembangkan Alat Teknologi Rotary Screening Machine Untuk Meningkatkan Produksi Cocofiber dan Cocopeat Lokal Aceh. 

Satriananda, S.T., M.T, Dosen jurusan Teknik Kimia Politeknik Negeri Lhokseumawe berkesempatan melaksanakan program Riset Keilmuan Terapan Dalam Negeri - Dosen PT Vokasi dengan pendanaan dari Kemdikbudristek dan LPDP, Kamis (21/12/2022). 

Ia bersama anggota dosen lainnya Dr. Muhammad Nasir, SE, M.Si, Ibrahim, ST, serta salah seorang mahasiswa Muhammad Haikal dari jurusan Teknik Kimia melakukan pengembangan alat Rotary Screening Machine untuk efisiensi pemisahan produk cocofiber dan cocopeat. 

Cocofiber dan cocopeat adalah produk turunan sabut kelapa yang memiliki segudang manfaat. Cocofiber dapat diolah menjadi produk peralatan rumah tangga, pot bunga, bahan baku industri carpet, jok dan dashboard mobil.

Sedangkan cocopeat sendiri dapat digunakan sebagai media tanam yang mampu menyuburkan tumbuhan yang dapat menggantikan pemakaian pupuk yang lebih mahal, lebih ramah lingkungan dan renewable. 

Program riset keilmuan terapan ini berkolaborasi dengan mitra DUDI lokal yang relevan dengan riset yang dilakukan tim Satriananda yaitu PT Fugha Pratama Mandiri sebagai perusahaan kecil yang sedang merintis usaha mengelola sabut kelapa di daerah Lhokseumawe dan Aceh Utara. 

Usaha mitra selama ini belum sepenuhnya dilengkapi oleh fasilitas produksi yang memadai. Proses penyaringan untuk memisahkan cocofiber dan cocopeat masih dilakukan secara manual menggunakan pengayak pasir sehingga memperlambat proses produksi dan membutuhkan tenaga manusia yang lebih banyak. 

“Kami ingin mencoba membantu memecahkan permasalahan mitra DUDI dengan  membuat alat Rotary Screening Machine yang dapat digunakan untuk pemisahan cocofiber dan cocopeat secara efekif, hemat waktu dan tenaga. Sehingga ini akan berdampak pada peningkatanp produktifitas usaha mitra DUDI”, jelas Satriananda saat diwawancarai.

“Wilayah kita ini pun termasuk salah satu tempat dimana tumbuhan kelapa tersebar secara luas. Begitu banyak manfaat tumbuhan ini di hampir semua bagian mulai dari akar hingga buahnya. Namun selama ini saya pikir sangat disayangkan jika sabut kelapa hanya menjadi limbah yang terbuang begitu saja atau sekedar dibakar untuk dijadikan anti nyamuk dikebun.” tambahnya.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Lhokseumawe Dr. Edi Majuar, ST, M.Eng, Sc mengatakan bahwa pihak lembaga sangat mensuport program riset keilmuan terapan ini karena merupakan wadah implementasi riset dan karya dosen PNL yang secara nyata dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan perekonomian masyarakat maupun mitra DUDI. 

“Saya pikir ini akan akan sangat membantu para petani kelapa di Aceh yang selama ini belum mampu memaksimalkan pemanfaatan potensi sabut kelapa yang padahal memiliki nilai jual yang dapat diekspor jika kita tau caranya”, ujarnya.

Pihak mitra DUDI sebelumnya sudah mengkonfirmasi kesediaan dan antusias mereka untuk bekerjasama dan berkolaborasi dalam program riset keilmuan terapan ini. 

“Kami sebagai startup yang juga merupakan alumni dari kampus PNL sangat berterimakasih kepada pihak kampus dan dosen-dosen tim periset khususnya yang telah bersedia bekerja sama untuk membantu mengembangkan usaha kami yang selama ini masih belum optimal. Dengan adanya alat Rotary Screening Machine sekarang ini jumlah produksi meningkat drastis, biaya operasional dapat berkurang, kami juga bisa menghasilkan produk inovasi lainnya, dan pemasaran pun lebih berkembang luas.” ungkap Nurhanifa Aidy selaku direktur PT. Fugha Pratama Mandiri (mitra DUDI) saat ditemui di lokasinya di daerah Jeulekat, Lhokseumawe. 

Selain menerapkan alat teknologi yang membantu kegiatan produksi, tim periset yang diketuai oleh Satriananda juga melakukan kegiatan pelatihan dan sosialisasi langsung kepada tim produksi mitra DUDI, masyarakat sekitar lokasi mitra dan juga mahasiswa PNL tentang penggunaan alat sebagai upaya edukasi hasil riset. 

Sebagai feedback, mitra DUDI juga bersedia jika lokasi mereka dan alat hasil riset tersebut dijadikan sarana pembelajaran untuk mahasiswa-mahasiswa Politeknik Negeri Lhokseumawe dalam kegiatan-kegiatan magang ataupun praktikum. (Murhaban)