Alumni Australia Dihadirkan Kacabdin Bireuen di Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Bahasa Inggris

Adsense

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Alumni Australia Dihadirkan Kacabdin Bireuen di Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Bahasa Inggris

Aduen Alja
2/28/2023

Kacabdin Bireuen Hadirkan Alumni Australia Pada Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Bahasa Inggris

Peunawa.com | Bireuen
- Pendidikan merupakan salah satu sektor yang sangat penting bagi pembangunan suatu negara. Untuk mencapai hasil yang optimal dalam pendidikan, guru perlu mengenal karakteristik peserta didik mereka dengan baik. Karakteristik peserta didik yang dimaksud termasuk gaya belajar, minat, bakat, kemampuan akademik, dan kebutuhan khusus.

Untuk itu, Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Bireuen melaksanakan pelatihan peningkatan kompetensi bagi para guru Bahasa Inggris di wilayahnya. Acara pelatihan dilaksanakan dari tanggal 27 Februari sd 3 Maret 2023 bertempat di Aula Kantor Cabdin. 

Kepala Cabdin,Abdul Hamid, S.Pd., M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa pendidikan bermutu akan dapat diraih jika empat elemen berjalan dengan baik.

“Berhasil proses pendidikan dengan kualitas baik itu sangat tergantung pada 4 elemen, pertama adalah pemerintah melalui Diknas Aceh atau Cabdin. kedua adalah pengawas, ketiga adalah kepala sekolah dan keempat adalah guru” ujar Kacabdin Bireun

Kacabdin juga menambahkan bahwa narasumber yang diundang memiliki pengetahuan dan pengalaman yang baik dalam bidang pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing dan juga memiliki karir yang baik dari hari ke hari.

“Narasumber ini kita undang khusus kesini untuk dapat berbagi pengetahuan dan pengalamannya dalam pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Beliau juga memiliki karir yang baik dari hari ke hari. Kami pernah bersama-sama belajar di University of New England di Australia dan sekarang beliau sudah menjadi koordinator Prodi S2 Bahasa Inggris di USK” ujar Kacabdin alumni Australia.

Dr. Iskandar Abdul Samad, koordinator Prodi MPBEN USK mengatakan bahwa karakteristik peserta didik sangat penting karena dapat membantu guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang efektif. 

"Setiap peserta didik memiliki keunikan dan kekhasan masing-masing. Oleh karena itu, sebagai guru kita harus bisa membaca karakteristik mereka agar dapat merancang metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing peserta didik," ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa pengenalan karakteristik peserta didik tidak hanya berdampak pada pembelajaran, tetapi juga pada pengembangan kepribadian peserta didik. Ketika guru paham secara benar tentang karakteristik peserta didiknya maka dengan mudah para guru membantu peserta didiknya dalam mengembangkan potensi mereka.

"Saat kita sebagai guru mengenal karakteristik peserta didik kita di sekolah maka kita dengan sangat mudah dapat membantu mereka untuk memahami pribadi nya sendiri sekaligus dapat membantu meningkatkan keterampilan mereka. Hal ini jelas sangat membantu mereka untuk tampil sukses di segala bidang di masa depan," tambah jebolan Australia ini.

Dalam era digital yang semakin maju, mengenal karakteristik peserta didik menjadi semakin penting. Sebagai guru, kita harus mampu memahami cara-cara baru untuk mengumpulkan informasi tentang peserta didik kita yang berasal dari berbagai latar belakang dan pengalaman. 

Dengan memahami karakteristik peserta didik, kita dapat membantu mereka mencapai tujuan pendidikan mereka dan menjadi orang yang sukses.

Pelatihan ini diikuti oleh 40 guru Bahasa Inggris yang ada di wilayah Kabupaten Bireun dan turut dihadiri pada acara pembukaan antara lain kacabdin Bireun, pengawas, kepala sekolah, kabid dan staf cabdin.