AJAK WARGANYA GEMAR MEMBACA DAN MENULIS, DESA ABEUK BUDI GELAR SOSIALISASI LITERASI

Pasang Iklan Anda disini

Adsense

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

AJAK WARGANYA GEMAR MEMBACA DAN MENULIS, DESA ABEUK BUDI GELAR SOSIALISASI LITERASI

6/05/2023

Bireuen l Desa Abeuk Budi l Kecamatan Juli  Kabupaten Bireuen menggelar Sosialisasi Literasi  yang mengusung tema Pembudayaan Gemar Membaca dan Menulis di Masyarakat Untuk Peningkatan Sumber Daya Perpustakaan Gampong.  Acara sosialisasi dilaksanakan di meunasah desa setempat, Minggu, 4 Juni 2023.

Kegiatan sosialisasi bertujuan untuk memberi pemahaman tentang pentingnya literasi dan membudayakan literasi untuk masyarakat Abeuk Budi khususnya warga usia sekolah. Sebagai informasi,  Desa Abeuk Budi telah memiliki Pustaka Gampong yang berisikan beragam  judul buku untuk berbagai jenjang usia.

Keberadaan pustaka  sempat vakum sejak pertama didirikan pada 2019 lalu dan   kurang diakrabi oleh masyarakat sehingga pemerintah desa perlu melakukan berbagai upaya untuk mendekatkan pustaka dengan masyarakat, salah satunya adalah dengan pelaksanaan sosialisasi tersebut.

Hadir dalam kegiatan sosialisasi, Munzir Husen Keuchik Desa Abeuk Budi, Nuraisyah A.Azis Ketua TP  PKK  Abeuk Budi beserta tim,  Nurjani TP PKK Pokja 2 Kecamatan Juli, Safiani S.Pd Ketua Pustaka Aneuk Ceudah, anak usia pra sekolah, usia sekolah, mahasiswa dan masyarakat umum.

Acara sosialisasi  dibuka oleh Munzir Husen  Keuchik Desa Abeuk Budi. Dalam sambutannya, Munzir menyampaikan bahwa betapa pentingnya membudayakan gemar membaca dan menulis.  Ia mengajak anak – anak  tidak lagi asyik menghabiskan waktunya untuk bermain HP dan game online.

Menurutnya, kecanduan HP dan game online sangat merusak  fisik dan mental serta telah  mengalihkan anak – anak dari kebiasaan baik seperti belajar dan membaca buku. “Sekarang mari kita gunakan waktu untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat seperti berkunjung ke pustaka desa.

Di sana telah tersedia buku – buku yang dibeli dengan dana yang tak sedikit. Jadi mari kita fungsikan pustaka desa sebagai pusat baca dan sumber belajar”, kata pak keuchik  membakar semangat peserta sosialisasi. Ia berharap pustaka Desa Abeuk Budi tidak hanya sekedar nama saja, akan tetapi dapat aktif dan berperan sebagaimana harapan.

Untuk itu, Munzir juga berharap agar  tim yang sudah terbentuk dalam struktur literasi pustaka dapat menjalankan peran dan fungsinya dengan baik dan bertanggung jawab. 

Tampil sebagai narasumber,  Dewi Sofiana, SP  dari TP PKK Pokja 2 Kecamatan Juli. Dewi memaparkan materi  tentang pengertian, tujuan dan manfaat  literasi. Peserta sosialisasi diberikan motivasi untuk membudayakan literasi dalam keseharian.

Narasumber yang juga merupakan Sosialisator Program Literasi Nasional Nyalanesia ini, mengajak peserta sosialisasi yang sebahagian besar terdiri dari anak usia sekolah  untuk menjadikan kegiatan membaca tidak sekedar kewajiban saja melainkan harus menjadi kebutuhan, karena membaca adalah kegiatan yang sangat baik untuk membuka wawasan, cakrawala dan keterbukaan dalam berpikir.

 ‘Sebagai orang islam kita telah dikenalkan dengan literasi melalui Iqra yang telah disampaikan oleh Rasulullah sejak zaman lampau sehingga literasi bukanlah hal yang baru dalam kehidupan”, ujar Dewi dihadapan peserta.

Peserta sosialisasi yang mayoritas terdiri dari usia sekolah, tampak sangat antusias dan bersemangat mengikuti jalannya sosialisasi.

Untuk menambah semangat dan merangsang minat baca tulis, Dewi meminta peserta sosialisasi untuk membuat tulisan tentang harapan dan cita- cita  untuk Pustaka Desa Abeuk Budi. Tulisan tiga terbaik akan dipublikasi di majalah dinding pustaka. (*)