DEM Aceh Launching Program Sekolah Energi Pemuda Daerah

Adsense

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

DEM Aceh Launching Program Sekolah Energi Pemuda Daerah

10/31/2023



Peunawa.com | Bireuen - Dewan Energi Mahasiswa (DEM) Aceh menghadirkan Program Sekolah Energi Pemuda Daerah (SEPEDA) yang dikemas dengan kegiatan diskusi publik dan launching Sekolah Energi Pemuda Daerah Dewan Energi Mahasiswa (DEM) Aceh, Senin (30/10/2023).

Kegiatan yang diselenggarakan di aula MA Jangka, Universitas Almuslim Bireuen bertajuk "Kontribusi Pemuda Dalam Menjawab Peluang dan Tantangan Potensi Besar Energi Aceh".

DEM Aceh merupakan organisasi mahasiswa yang berfokus pada isu-isu dan kajian sektor energi pada ruang lingkup Provinsi Aceh dengan tetap mengikuti isu nasional dan global. DEM Aceh bertekad mewujudkan ketahanan dan kemandirian energi Aceh dan Indonesia, memperkuat sektor energi untuk pembangunan berkelanjutan yang berlandaskan Pasal 33 UUD 1945 yaitu “bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar – besar kemakmuran rakyat”.

Andrey Revaldi selaku Presiden Dewan Energi Mahasiswa Aceh mengatakan salah satu dari tujuan DEM Aceh adalah sebagai wadah menyalurkan aspirasi dan literasi dari masyarakat untuk masyarakat.

Pada tanggal 20 Oktober 2023, DEM Aceh memperingati HUT yang ke-4 dan pada waktu yang berdekatan tepatnya 28 Oktober yaitu memperingati Hari Sumpah Pemuda. 

"Kedua momen tersebut juga menjadi alasan diluncurkannya Program SEPEDA sebagai bentuk konsisten DEM Aceh sebagai wadah yang bergerak dalam sektor energi",ujarnya.

Lanjutnya, Aceh sudah siap Mmnyusun satu regulasi yang mana tertuang dalam qanun no 4 tahun 2019 yaitu Rencana Umum Energi Aceh (RUEA). DEM Aceh hadir sebagai wadah menyalurkan aspirasi dan literasi dari masyarakat untuk masyarakat di Aceh, bahkan Indonesia dan pada kegiatan kali ini khususnya Kabupaten Bireuen DEM Aceh  berkolaborasi  dengan pemuda, masyarakat dan Universitas Almuslim serta Pemerintah Kabupaten Bireuen, untuk menciptakan kesadaran akan pentingnya energi dan potensi besar energi yang Aceh miliki" jelasnya

"Pada kegiatan Launching ini kita memilih Bireuen sebagai agenda perdana SEPEDA sesuai dengan yang mana kita tau di Bireuen sedang beroprasi beberapa industry hulu Migas, DEM Aceh  berkolaborasi dengan pemerintah kabupaten untuk mewujudkan Indonesia emas 2024" ujarnya 

Sementara itu, asisten lll kabupaten Bireuen Dailami S.Hut  mengatakan, Program ini merupakan salah satu program positif yang harus kita dukung dan awasi bersama – sama, baik kami dari pemerintah, lembaga pendidikan maupun stakeholder lainnya baik dari tingkat Provinsi hingga Kabupaten, karena keberhasilan Pemerintah Aceh bersama DEM Aceh dalam mendukung Transisi Energi Indonesia tentu juga akan berpengaruh positif terhadap Kabupaten Bireuen.

Ia juga berharap keberadaan Sekolah Energi Pemuda Daerah Kabupaten Bireuen mampu membatu usaha dan  membawa Aceh dan khususnya Kabupaten Bireuen ke arah yang lebih baik lagi. 

"Maka melalui forum diskusi pada pagi hari ini, saya harap dan saya tegaskan kepada pemuda yaitu generasi kedepan yang akan melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan kedepan nya agar lebih interaktif dalam diskusi nanti nya”, tutup nya. Semoga usaha dan ikhtiar kita hari ini mampu mendukung Transisi Energi sehingga dapat mewujudkan Indonesia Emas 2045" harapnya.

Dalam acara tersebut dihadir Achyar Rasyidi, S.T, M.M, Perwakilan dari Badan Pengelolaan Migas Aceh, Bapak Dedi M.ROZA, S.T, M.M, Perwakilan dari Dinas ESDM Provinsi Aceh, dan  Didi Supriadi, S.T selaku eks Presiden DEM Aceh. (Andi Juanda)