Mengenal Sosok Zam Zam Khalila, Putri Budaya Aceh 2023

Adsense

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Mengenal Sosok Zam Zam Khalila, Putri Budaya Aceh 2023

Aduen Alja
10/19/2023


Peunawa.com |Banda Aceh
- Zam Zam Khalila yang akrab di sapa lila merupakan mahasiswi program studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Pemerintahan, Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh. Khalila lahir di Aceh Tamiang, 16 Juni 2003 yang merupakan anak dari Bapak Abdul Jalil dan Ibu Suaibah. Nama Zam Zam Khalila memang sudah familiar di kalangan pemuda/i Aceh, khususnya Mahasiswa/i UIN Ar-Raniry Banda Aceh. 

Khalila aktif berorganisasi dan mengikuti berbagai event sehingga banyak menorehkan prestasi baik dalam kancah Nasional maupun Internasional sehingga ia pernah mendapat penghargaan sebagai Mahasiswa Berprestasi UIN Ar-Raniry Tahun 2022.

Sejak kecil ia senang mengikuti berbagai perlombaan, pada umur 8 tahun ia telah memenangkan lomba Pildacil pada Kegiatan Festival Anak Shaleh dalam beberapa tahun berturut-turut, ia juga sering memenangkan lomba Cerdas Cermat Agama di berbagai kegiatan perlombaan di Aceh Tamiang. Berkat didikan orangtua dan guru nya serta semangat khalila, beranjak remaja prestasi Khalila semakin bersinar. 

Ia pernah meraih prestasi sebagai Juara 1 Syarhil Quran MTQ Tingkat Kecamatan Bendahara 2015, Juara 1 Pidato Bahasa Indonesia PORSENI Aceh Tamiang 2016, Juara Harapan 2 Syarhil Quran MTQ ke-V Kab. Aceh Tamiang 2016, Juara 2 Pidato 3 Bahasa Hari Amal Bakti KEMENAG Aceh Tamiang 2017, Juara 1 Syarhil Quran MTQ Tingkat Kecamatan Bendahara 2017, Juara Rangking 1 Putri Tingkat SMA/MA/SMK Aceh Tamiang (KEMPRATA X) 2018, Juara 1 Pidato Tingkat SMA/MA/SMK Aceh Tamiang (KEMPRATA X) 2018, Juara Rangking 1 Kemah Persahabatan Pramuka SMA/MA/SMK Se-Aceh Tamiang 2018, Juara 1 Fotography Kemah Persahabatan Pramuka SMA/MA/SMK Se-Aceh Tamiang 2018, Juara 1 Olimpiade Geografi KSM MA/SMA Kab. Aceh Tamiang 2019, Finalis Indonesia Youth Icon V Delegasi Aceh 2020 dan lainnya.

Begitupun selama menjadi mahasiswa ia telah banyak sekali mengharumkan nama UIN Ar-Raniry di berbagai panggung kompetisi. Puluhan prestasi tingkat Daerah yang ia raih sudah tak terhitung lagi, sedangkan di Tingkat Nasional ia pernah meraih penghargaan sebagai Terbaik 2 Dai Mahasiswa OASE PTKI/N Se-Indonesia 2021, Terbaik 1 DIKLATPIMNAS III PTKI/N Se-Indonesia 2022, Terbaik 1 LKMM Tingkat Nasional 2022, Awardee 100 Pemuda/i Terbaik Se-Indonesia Program Bawa Ide 2023 dan lainnya. Ia juga 2 tahun berturut-turut sebagai Delagasi UIN Ar-Raniry pada Pekan Kreativias Mahasiswa Se-Sumatera & Asia. Ia juga kerap kali mengikuti kegiatan International lainnya salahsatu International Conference And AMAN (The Asian Muslim Action Network) Assembly 2023.

Berbagai forum training bergengsi telah khalila ikuti di tingkat Nasional maupun Internasional, baik yang diselenggarakan Kementerian, NGO dan lainnya. Khalila juga aktif mengabdikan dirinya melalui program-program volunteer baik di Aceh maupun di luar provinsi Aceh. Pada bulan Akhir Agustus 2023 yang lalu ia baru saja menyelesaikan Pengabdian Kuliah Kerja Nyata Melayu Serumpun selama 40 hari di Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung yang diselenggarakan oleh KEMENAG RI. Di umur ke 20 tahun ini ia telah mengunjungi sekitar 100 Kab/Kota di Indonesia baik dalam rangka kegiatan pelestarian budaya, perlombaan maupun kegiatan sosial lainnya.

Selain dikenal sebagai aktivis perempuan yang saat ini menjabat sebagai Bendahara Umum Senat Mahasiswa UIN Ar-Raniry dan juga sebagai Ketua Kohati HMI Komisariat FISIP UIN Ar-Raniry ia juga memiliki pengalaman dalam bidang Ambassador & Pagent yaitu sebagai DUTA FISIP UIN Ar-Raniry 2021, Wakil 1 & Duta Gender Favorit UIN Ar-Raniry 2022 serta Wakil 1 Duta Wisata Kabupaten Aceh Tamiang 2023.

Khalila merupakan pribadi yang senang belajar dan menyukai tantangan sehingga dengan pengalaman dan prestasi nya serta ketertarikannya terhadap pelestarian budaya ia berhasil melewati berbagai seleksi yang cukup ketat dengan puluhan peserta dari Kab/Kota Se-Provinsi Aceh sehingga terpilih lah ia sebagai Putri Budaya Aceh 2023 dan akan mewakili Aceh di tingkat nasional dalam rangka Pemilihan Putra Putri Budaya Indonesia 2023 di Mercure Hotel Bengkulu pada 1-5 November 2023 mendatang.

Putra Putri Budaya Indonesia merupakan platform atau wadah bagi generasi muda Indonesia untuk melakukan aksi nyata dalam bidang edukasi, pelestarian, pengembangan, dan pemanfaatan budaya Indonesia yang berada dibawah naungan Yayasan Sentari Indonesia yang telah bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset & Teknologi Republik Indonesia. 

Sebagai anak yang di lahirkan dan dibesarkan di Provinsi Aceh, gadis keturunan Aceh x Melayu Tamiang ini merasa bertanggung jawab dalam menjaga dan melestarikan kebudayaan Aceh yang luarbiasa. Disamping itu, keikutsertaan Khalila di kegiatan ini juga akan menjadi ajang untuk mempromosikan budaya Aceh dan menunjukkan prestasi mahasiswi UIN Ar-Raniry kancah nasional.

Kegiatan pemilihan Putra Putri Budaya Indonesia ini juga menjadi kesempatan baik bagi generasi muda Indonesia dari berbagai provinsi untuk saling mengenal dan menjalin persatuan sesama anak bangsa sekaligus untuk memperkenalkan kekayaan budaya daerah masing-masing. 

Harapannya, Pemerintah Aceh & segenap pimpinan UIN Ar-Raniry dapat mendukung mahasiswi terbaik Aceh ini dalam Pemilihan Putra Putri Budaya Indonesia 2023  mendatang. Semoga sebagai perwakilan Aceh, Zam Zam Khalila dapat mendapatkan hasil terbaik di Kancah Nasional.