Sukses Gemilang, Dayah Tahfizul Qur'an Ar-Raudhah Gelar Wisuda IRBA ke VI Ramadhan 1445 H

Adsense

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Sukses Gemilang, Dayah Tahfizul Qur'an Ar-Raudhah Gelar Wisuda IRBA ke VI Ramadhan 1445 H

4/07/2024


Lhoksukon - Dayah Tahfizul Qur'an Ar- Raudhah Gampong Asan AB Kecamatan Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara menggelar acara wisuda IRBA (Indahnya Ramadhan Bersama Al-Qur'an) Angkatan ke VI pada Kamis pagi (24/04/2024).

Selama kegiatan Daurah Angkatan ke - VI IRBA yang bertema "Membangun Generasi Millenial yang Unggul dalam Bidang Al-Qur'an" itu, rata-rata santri mampu menyetor hafalan sebanyak 3-7 juz, bahkan ada yang menyetorkan hafalan sebanyak 18 Juz, bahkan ada 30 juz. 

Dalam kegiatan tersebut sebanyak 93 santri yang diwisudakan berasal dari berbagai pesantren dan daerah, dengan tingkat Pendidikan SD, SLTP dan SMA sederajat, mulai dari Dayah Al Muslimun Lhoksukon, PPT Aceh Utara, Dayah Madinah Lhoksukon, Dayah Maher Matangkuli, Dayah Damora Lhoksemawe dan santri dari Pesantren di Aceh Utara dan Lhoksemawe.

Acara yang dipandu oleh MC ternama di Aceh Utara Murhaban, SH, CPS, CIWS, CIJ, CDS, CPMC, yang juga pernah didapuk sebagai MC ditingkat Nasional itu berlangsung sukses dan meriah diawali dengan beberapa persembahan Nasyid Cinta Rasul 1, Cinta Rasul 2 dan Cinta Rasul 3, Santri IRBA ke VI Dayah Tahfizul Qur'an Ar-Raudhah.

Pimpinan Dayah Tahfizul Qur'an Ar - Raudhah Abi Abdul Hamid, S.Sy dalam sambutannya menyampaikan kebanggaan kepada para santri yang begitu semangat dalam mengikuti program Daurah IRBA ke VI.

Dikatakannya, Wisuda santri pada bulan Ramadan hari ini memiliki makna yang mendalam. Selain menjadi momen penutupan periode belajar di bulan suci Ramadan, juga menjadi momentum refleksi atas perjalanan spiritual para santri IRBA selama bulan yang penuh berkah ini.

Wisuda di bulan Ramadan, lanjutnya adalah mengajarkan untuk mengapresiasi pencapaian dengan penuh syukur kepada Allah, sambil tetap merenungkan bagaimana kita bisa terus meningkatkan diri setelah bulan suci ini berlalu. 

Paparnya, hal ini juga mengingatkan kita akan pentingnya kesabaran, ketekunan, dan keteguhan hati dalam mengejar ilmu dan kebaikan, serta menginspirasi untuk terus berkontribusi dalam memperluas cakrawala pengetahuan untuk menjadi putra-putri dari kedua orang tua yang dibanggakan. 

"Inilah salah satu tujuan kami mendirikan Dayah Tahfizul Qur'an Ar Raudhah, targetnya pada tahun 2035 insya Allah gampong atau desa yang ada disekitar Lhoksukon, dalam satu keluarga harus ada satu anak yang mampu membaca al qur'an minimal satu juz," ungkap Abi Abdul Hamid.

Pimpinan Dayah Tahfizul Qur'an Ar Raudhah itu juga berpesan kepada peserta yang diwisudakan untuk tetap menjadi kebanggaan, rendah hati, dan terus termotivasi untuk belajar dan menghafal.

"Ini adalah wisuda Angkatan ke 6, dari tahun 2018 hingga saat ini, total lebih kurang sudah ada 600 peserta yang telah kita wisudakan. Dan alhamdulillah banyak alumni dari Daurah IRBA ini yang sudah menempuh pendidikan lanjutan baik ke Dayah-Dayah disaat mereka pulang kampung ada yang menjadi imam, penceramah dan aktif ditengah-tengah masyarakat. Bahkan ada alumni yang saat ini sedang menempuh pendidikan tinggi di Jakarta lewat jalur beasiswa," ucapnya.

Pantauan media ini, suasana yang begitu menyentuh emosional memaksa air mata orang tua wali peserta pun pecah, setelah menyaksikan anaknya mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik. Prosesi penyerahan penghargaan berjalan secara beriring-iringan. Dan puncaknya tercipta suasana haru saat kemudian mengikuti prosesi muhasabah yang disampaikan oleh Pimpinan Dayah Tahfizul Qur'an Ar Raudhah itu sendiri. (Murhaban)