Senator Fachrul Razi Dorong UGL di Negerikan

Adsense

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Senator Fachrul Razi Dorong UGL di Negerikan

6/23/2021


Peunawa.com |JAKARTA - Ketua Komite I Dewan Perwakilan Daerah - Republik Indonesia (DPD RI) H,Fachrul Razi,M.IP,  asal Aceh mendorong UGL dapat maju dengan mengalihkan statusnya dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Rabu (23/06/2021).

Hal ini usai disampaikan Farma, Alumni Universitas Gunung Leuser (UGL) kepada Senator Fachrul Razi saat menjumpainya di salah satu pertemuan di tebet,Jakarta Selatan

"Universitas Gunung Leuser (UGL) merupakan salah satu kampus swasta terbesar dan cukup tua di Aceh, Kampus UGL angat berpotensial untuk di negerikan karena mengingat beberapa kampus seusia UGL seperti Universitas Tengku Umar di Meulaboh dan Universitas Samudra di Langsa sudah berstatus Negeri",tutur Farma.

Sementara Fachrul Razi dalam kesempatan tersebut mengatakan jumlah PTN di Aceh masih minim, bahkan tingkat universitas hanya enam universitas yang berstatus negeri bahkan di daerah Aceh bagian tengah tenggara belum ada perguruan tinggi khususnya Universitas yang berstatus Negeri kecuali PSDKU Unsyiah di gayo Lues yang itu juga merupakan cabang dari kampus induk di Banda Aceh.

"Kampus Universitas Gunung Leuser merupakan salah satu kampus yang cukup besar di wilayah dataran tengah tenggara Aceh dan memiliki potensi yang cukup untuk di dorong agar di negerikan",tutur Senator DPD RI tersebut.

Aceh masih membutuhkan banyak perguruan tinggi yang berstatus PTN agar generasi Aceh mendapatkan pendidikan yang lebih berkualitas dan kita akan mendorong setiap PTS yang memiliki potensi dan berkeinginan untuk merubah status menjadi PTN.

Lebih lanjut fachrul Razi juga menyampaikan kita akan dorong kampus-kampus swasta di aceh yang berkeinginan untuk di negerikan termasuk UGL, hal ini bertujuan agar membuka akses masyarakat Aceh ke perguruan Tinggi terutama PTN

"Jika UGL dinegerikan tentunya subsidi pemerintah baik itu beasiswa KIP, Bidikmisi, atau bantuan operasional akan lebih banyak dikucurkan ke kampus UGL sehingga biaya kuliah akan semakin terjangkau oleh masyarakat, selain itu, penegerian kampus UGL akan membantu pemerintah daerah untuk memajukan daerah tersebut dengan mendorong perbaikan kualitas sumber daya di daerah tersebut",papar Fachrul Razi.

Fachrul Razi juga megucapkan selamat atas terpilihnya dr. Bukhari Pinim, SpOG sebagai ketua Yayasan Universitas Gunung Leuser yang baru dan Dr. Indra Utama, M.pd sebagai Rektor UGL Periode 2021-2025, semoga kampus UGL di bawah kepemimpinan yang baru dapat memajukan UGL yang berstatus PTS menjadi PTN. (Y)