Aduen Alja Bakar Semangat Mahasiswa Di Forum LKD SEMA FDK UIN Ar-Raniry


-->

Iklan Utama

Aduen Alja Bakar Semangat Mahasiswa Di Forum LKD SEMA FDK UIN Ar-Raniry

_Pimred
Kamis, 23 September 2021

Banda Aceh - Senat Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi menyukseskan acara Latihan Kader Dasar dengan tema Menjadikan Regenerasi Organisasi Dalam Ranah kepemimpinan Yang Lebih Baik. 

Kegiatan ini di hadiri oleh 21 peserta perwakilan himpunan se-Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Berlangsung acara ini selama 2 hari dimulai tanggal 22 s.d 23 September 2021.

Dalam siaran pers yang diterima Media, Kareza Ansarestu selaku Ketua Senat Mahasiswa FDK menjelaskan Pelatihan kepemimpinan dasar ini bertujuan untuk memberikan bekal kepemimpinan kepada Pengurus lembaga se lingkungan Fakultas Dakwah dan Komunikasi yang nantinya akan menjadi pemimpin yang hebat dimasa yang akan datang, Titahnya.

Dalam modul LKD ini, kita akan belajar banyak tentang manajemen, administrasi, kesekretariatan, kepemimpinan, teknik persidangan dan tata kelola organisasi yang baik. Materi ini dikupas oleh pemateri yang sudah berpengalaman di bidangnya masing-masing, Ujar Kareza.

"Program Latihan Kepemimpinan Dasar ini sangat penting karena pada masa sekarang ini kita sangat membutuhkan sosok jiwa kepemimpinan yang tangguh. Nilai-nilai yang ditanamkan selama pelatihan tentunya nilai-nilai dasar positif seperti disiplin, tanggung jawab, keberanian dalam mengambil keputusan dan lain sebagainya, yang akan lebih mudah tertanam dalam diri mereka guna untuk diterapkan ke depan." Tambah orang nomor satu di tingkat Senat Mahasiswa FDK ini.

Pun demikian, saat wawancara dengan salah seorang peserta siang tadi, sebagai peserta. Ia menuturkan dengan dilaksanakan kegiatan latihan dasar Kepemimpinan (LKD) oleh Senat Mahasiswa (SEMA) Fakultas dan Komunikasi sangat membantu mahasiswa tingkat dasar dalam menimba ilmu tentang kepemimpinan yang selama ini kita dengar diluar sana, Ujarnya.

Pun demikian, pada hari kedua ini adanya materi tentang tehnik persidangan dibarengi praktek langsung di lokasi LKD. Ini jarang sekali kita dapatkan, tapi Alhamdulillah hari ini kita lebih bisa percaya diri dan melatih kemampuan yang ada, sejauhmana kita sudah melangkah dan persiapan menuju tujuan organisasi yang baik ke depan.
  
Pemateri yang turut memberikan arahan serta bimbingan pada hari kedua dalam bidang Administrasi, kesekretariatan serta teknik persidangan ialah alumni Fakultas Dakwah dan Komunikasi yaitu (Aljawahir,S.Sos).

Dalam penyampaian materi, ada banyak hal bisa di ambil mulai dari fungsi sekretariat hingga harus menjadi pemimpin yang didasari ilmu di bidangnya. Ia menyebutkan bahwa jadikanlah sekretariat itu "Bukan Untuk Pacaran Atau Berjumpa Denganmu, tapi fungsi sekretariat itu berkumpul dalam suasana temu."

Kedua, sekretariat itu harus diduduki oleh orang paham bidang Ilmu, Bukan malah orang sekufu (Karena Kedekatan).

Kemudian, kita memahami bahwa sekarang sudah ada sekretariat electronik (WAG) dan Lain-lain. Manfaatkanlah sepenuhnya perkembangan teknologi ini dengan baik, jangan hanya perang stiker didalamnya, ujar Aljawahir disambut gelak tawa peserta LKD.

Ini semua berlandaskan kepada pesan Imam Syafi'i kepada pengikutnya. Suatu ketika ia berkata : jika engkau cinta akan dunia, mestinya engkau harus ada ilmu, jika engkau cinta akhirat, tentu pula didasari ilmu, jika engkau mencintai keduanya pun jua engkau harus berguru dan berilmu.

Latihan kader dasar ini kita harus belajar banyak pada sahabat Rasulullah yang sampai saat ini membekas dibenak kita. Keempatnya mempunyai Ilmu yang sangat luar biasa sekali, dalam kepemimpinan Rasulullah, beliau mempunyai empat orang sahabat diantaranya, Jujurlah seperti Abubakar Ash-Shiddiq, teguhkan keberanianmu laksana Umar Bin Khattab, Dermawanlah dirimu laksana Usman Bin Affan, Bercita pandai lah kamu laksana Ali bin Abi thalib".

Mudah-mudahan, dengan adanya LKD ini, kita terus berjuang melatih diri dan menjadikan roda organisasi ini sebagai salah satu jembatan untuk kita berlabuh sebuah pulau yang hendak kita tuju. Milikilah ilmu dan gunakan orang yang tepat pada bidangnya masing-masing, Ajak Alumni FDK ini yang akrab disapa Aduen Alja.(*)