Mahasiswa KKN PPM 091 Unimal Tingkatkan Jiwa Semangat Belajar Siswa Melalui Kreativitas


-->

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Mahasiswa KKN PPM 091 Unimal Tingkatkan Jiwa Semangat Belajar Siswa Melalui Kreativitas

26/11/21



Peunawa.com | LHOKSEUMAWE - Setiap anak memiliki potensi kecerdasannya  masing-masing, potensi ini sebenarnya sudah tampak dalam diri seorang anak yang dimiliki seperti imajinasi, ingin tahu yang kuat, dan kreativitas.  

Semua anak memiliki daya imajinasi yang kuat dan secara alami anak mempunyai dorongan ingin tahu atas segala sesuatu yang ada disekitarnya. Potensi kreativitas juga sudah tampak dari keinginannya untuk menciptakan hal-hal baru sesuai dengan daya imajinasinya. 

Kreativitas merupakan salah satu potensi anak yang perlu dikembangkan sejak dini. Mengapa? Karena kreativitas merupakan salah satu pondasi yang kuat agar anak mampu  menyelesaikan masalah, mampu berpikir out of the box, dan menjelajah sesuatu yang baru. Dan hal tersebut, bisa menjadi modal untuk kesuksesan anak, dalam bidang yang dipilihnya kelak seperti guru, dokter, arsitek, peneliti, sutradara, atau jurnalis dan lain sebagainya. 

Abraham Maslow menerangkan dalam teorinya bahwa kebutuhan manusia yang tertinggi adalah aktualisasi diri dan estetika. Kreativitas merupakan potensi yang akan menjadi sepak terjang seseorang untuk menggapai kebutuhan tertinggi pada kehidupannya. 

Sejak dini potensi kreativitas ini sudah ada, dengan kata lain bahwa sejatinya seseorang sudah membekali piranti untuk meraih kebahagiaan tertinggi. Namun, sayangnya justru piranti tersebut seringkali tidak diasah, bahkan dibenamkan dalam lumpur  sampai berkarat. Ibarat anak elang yang diasuh oleh induk itik, potensi terbangnya tak pernah diasah justru sehari-hari dipaksa untuk belajar berenang. Hasilnya, terbangpun tidak sanggup, berenangpun tidak mampu. 

Kondisi itulah menginspirasi Mahasiswa Universitas Malikussaleh untuk membuat sebuah kreativitas anak yang berupa melukis dengan teknik flicked painting bagi murid Sekolah Dasar (SD) Negeri 4 Muara Dua di Meunasah Mee, Kandang Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, pada (9/11/2021) yang bertujuan meningkatkan semangat belajar anak melalui kreativitas melukis. 

Mahasiswa yang menggelar kegiatan kreativitas anak tersebut adalah mahasiswa yang sedang melakukan kuliah kerja nyata (KKN) Kelompok 091 di Meunasah Mee, kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, yang berinisiatif melakukan kegiatan pembelajaran dengan menitik beratkan kreativitas anak melalui melukis dengan teknik  flicked painting. 

Ketua kelompok 091, Zaki Hawari, mengatakan bahwa kegiatan yang melibatkan siswa- siswi kelas 3 SDN 4 Muara Dua diharapkan kegiatan yang dilakukan akan menjadi salah satu cara untuk mengembangkan dan meningkatkan potensi kreativitas anak sejak dini.

Kegiatan diawali dengan pembagian kelompok kecil untuk mempermudah proses kegiatan. Kelompok di bagi mejadi 5 kelompok yang masing- masing kelompok dimonitoring oleh 2 mahasiswa KKN kelompok 091. 

Kemudian dilajutkan pembagian alat dan bahan pada masing-masing kelompok dan monitor terlebih dahulu memberikan arahan cara melukis dengan teknik flicked painting tersebut. 

“Dilakukan pembagian kelompok tersebut agar lebih efektif dalam proses pembelajaran melalui lukisan flicked painting ini.”ujar salah satu anggota KKN. 

Murid SD Negeri 4 Muara Dua terlihat sangat antusias dalam setiap proses kegiatan mulai dari pembagian kelompok sampai akhir penyelesaain lukisan pada masing-masing siswa dan siswi. 

“Dengan adanya kegiataan melukis dengan teknik flicked painting ini anak-anak SD N 4 Muara Dua lebih memahami dan mengerti akan potensi kreativitas masing-masing diri siswa,” Tambah zaki.

"Dalam kegiatan ini terlihat siswa/i melukis dengan imajinasinya namun tetap dalam jalur arahan monitor masing-masing”. Ujar anggota KKN lainnya.

Ini membuktikan bahwa siswa siswi SD N 4 Muara Dua sangat bersemangat belajar melalui kreativitas yang telah diajarkan oleh mahasiswa KKN kelompok 091. 

Kehadiran mahasiswa KKN Univeritas Malikussaleh kelomok 091 untuk memberikan kreativitas bagi murid SD, disambut baik oleh kepala sekolah dan guru- guru di SD Negeri 4 Muara Dua. Kepala Sekolah dan guru disana mendukung kegiatan KKN mahasiswa di sekolah.

Mahasiswa yang berada di bawah naungan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Dwi Iramadhani, S.Psi., M.Psi., Psikolog terdiri dari Mhd. Zaki Hawari dari Program Studi Teknik Elektro, Regina Keumala Sabty, Ummi Issayyidah, Raidatul Aufa, Fenny Harrika dari Program Studi Pendidikan Dokter, kemudian Rizky Abdullah Htr, Nurhaliza, Dilla Rahma Elfiza dari Program Studi Agroteknologi, dan Muhammad Hardiansyah, Saputra dari program Studi Sistem Informasi. (*)