Mahasiswa KKN PPM 173 Unimal Tanam Pohon di Paloh Gadeng


-->

Iklan Utama

Mahasiswa KKN PPM 173 Unimal Tanam Pohon di Paloh Gadeng

Sabtu, 06 November 2021



Peunawa.com | LHOKSUKON - Mahasiswa kuliah kerja nyata pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat (KKN-PPM) kelompok 173 Universitas Malikussaleh melakukan kegiatan penghijauan di halaman Meunasah Desa Gampong Paloh Gadeng, kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Rabu (03/11/2021).

10 Mahasiswa yang terlibat dalam penghijauan tersebut didampingi oleh FAZIL, S.Ag., M. Soc. Sc yang merupakan dosen di fakultas FISIP yaitu : Ridha ilmi (Akuakultur), Muhammad Irfan (Akuakultur), Muhammad Ridha (Akuakultur), Sarah Ardiana (Manajemen), Fanny Prianggi (Manajemen), Ossi Aulia Ferina (Manajemen), Reysya Razita (Manajemen), Uswatun Hasanah (Teknik elektro), Khairunnisa (Teknik elektro), Munawarah (Teknik Elektro).

"Penghijauan ini dilakukan dengan menanam pohon kelapa dan menanam pohon mangga di sekitar halaman depan meunasah gampong Paloh Gadeng, penanaman tersebut diharapkan dapat menyejukkan area lingkungan meunasah sehingga lingkungan meunasah terlihat lebih asri," ujar Ilmi selaku ketua kelompok.

Tim memilih pohon mangga karena jarak pohon ini termasuk tanaman yang mudah adaptasi dengan lingkungan baru, memiliki pertumbuhan yang cepat, dan tanaman ini tidak terlalu memerlukan perawatan sehingga dapat bertahan dalam waktu yang lama pada kondisi kering. Sedangkan pohon kelapa adalah salah satu pohon yang popular di Indonesia.

Pohon kelapa juga dapat tumbuh dengan baik meskipun terjadi perubahan cuaca, iklim dan sekitarnya. Manfaat pohon kelapa ini sangat efektif diproporsikan di sekitar taman kota, dan RTK (Ruang Terbuka Hijau). Pohon ini sangat efektif sebagai pohon peneduh jalan dan mampu mengurangi polusi udara.

Saat pandemi seperti sekarang ini, masyarakat wajib menerapkan berbagai macam kegiatan menjaga lingkungan, jadi taman sangat penting dalam mekanisme perkotaan yang sehat seperti ini. Hal ini karena taman bisa memberikan berbagai manfaat seperti suplai oksigen, area penangkap sinar matahari yang penting untuk meningkatkan imunitas tubuh, sehingga memberikan suasana yang bisa meredakan tingkat stress.(*)