Tingkatkan Sinergitas Penanganan Covid-19, Puskesmas Peudada Gelar Lokakarya Mini


-->

Iklan Utama

Tingkatkan Sinergitas Penanganan Covid-19, Puskesmas Peudada Gelar Lokakarya Mini

Sabtu, 13 November 2021


Peunawa.com | BIREUEN - Dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat setinggi-tingginya bukan hanya menjadi tanggung jawab sektor kesehatan, puskesmas atau rumah sakit semata, namun juga merupakan tanggung jawab bersama secara kolektif semua elemen bangsa, baik yang memiliki keterkaitan langsung maupun tidak. 

Karena kesehatan memiliki relasi dan dampak besar pada semua sektor, seperti ekonomi, pendidikan, sosial dan sebagainya, karena semua hal tidak akan berjalan jika pelaku atau manusianya tidak sehat.

Dalam hal ini Puskesmas Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen melaksanakan lokakarya mini tribulanan lintas sektor pada sabtu (13/11/2021) diaula kantor camat setempat.

Lokakarya tersebut dalam rangka meningkatkan sinergitas stakeholder di Kecamatan Peudada khususnya saat ini dalam penanganan pandemi Covid-19. 

"Dengan lokakarya mini lintas sektoral ini maka semakin memperkuat sinergitas dan peran Linsek dalam rangka mendukung pencegahan dan pengendalian Covid-19 melalui pelaksanaan Vaksinisasi Covid-19 yang ada dalam Wilayah Kecamatam Peudada," ungkap Kepala Puskesmas Peudada dr.Rini Novianti.

Lokakarya Mini Lintas Sektor Puskesmas adalah salah satu ruang membangun komitmen, menyatukan misi ditingkatan pemangku kepentingan, camat sebagai pemerintah kecamatan, Bapak Keuchik sebagai representasi masyarakat desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan puskesmas sebagai instasi kesehatan untuk sama-sama bersinergi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

dr.Rini Novianti juga mengapresiasi sekaligus mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan yang ada di Kecamatan jika dalam komitmennya mendukung program bidang kesehatan.

"Khususnya saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19, ini perlu peran kita semua untuk bekerja sama, memutus rantai penyebaran Covid-19 tersebut," kata Kapus Peudada.

Dirinya juga berharap agar gerakkan Vaksinasi massal bisa terlaksana dengan baik dan optimal, sehingga semakin banyak masyarakat yang menerima vaksin dan meningkatkan kekebalan dalam tubuh dari penularan Covid-19. "Semoga dengan kegiatan ini kita bisa bersama-sama dan saling bahu membahu dalam menanggani dan mencegah penyebaran Covid-19 khususnya di Wilayah Kecamatan Peudada. Oleh Karena itu peran lintas sektor sangatlah penting dalam menyelesaikan permasalahan Covid-19," ucap ibu Kapus.

Dalam kesempatan tersebut, Camat Peudada M.Yusuf,S.Sos juga mengharapkan kerjasama lintas sektor dalam penanganan Covid-19 di wilayah tersebut. 

"Semoga dalam kegiatan lokmin ini kita dapat bekerjasama dalam mencegah dan memerangi penularan Covid-19, selanjutnya diharapkan setiap Desa harus menyiapkan posko Covid-19 di tingkat Desa, dan tentunya selalu menerapkan protokol kesehatan 5M," pesan Camat sebagaimana arahannya yang telah disampaikan oleh dinas terkait.

Terlaksananya kegiatan Lokmin Linsek diharapkan dapat memberikan informasi yang akurat berkaitan dengan data penyebaran Covid-19 di Wilayah Kec. peudada. Kemudian mendukung dan mengajak semua peran lintas sektoral dalam percepatan Vaksinasi Covid-19  dan menjalin komitmen dan kerjasama dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Acara turut dihadiri Kapolsek Peudada Iptu Mukhlis, SE, Danramil 04/Peudada Kapten Inf Sulaiman, Kepala KUA Peudada, Para Keuchik se Kecamatan peudada, Kadinkes Bireuen diwakili Kasie Surveilens and imunisasi Khairiah SKM, turut diawasi oleh Satgas Covid 19 Kecamatan peudada, Tracer Covid 19 Polisi, Tracer Covid 19 TNI, Pendamping Desa, Pastor, Pustu/Poskesdes/Petugas Puskesmas Peudada lainnya, Pihak Bank BSI Peudada atau mewakilinya, selain itu juga hadir lagi Perwakilan dari sekolah SMP, MTsN, SMA atau kader lainnya yang mendukung suksesny program loka karya minini lintas sektor.(*)