FEBI IAIN Lhokseumawe Gelar Entrepreneur Expo Mahasiswa


-->

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

FEBI IAIN Lhokseumawe Gelar Entrepreneur Expo Mahasiswa

29/06/22

Peunawa.com
Lhokseumawe | Info Aceh Utara – Unit Inkubator Bisnis Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe, menyelenggarakan Entrepreneur Expo di kampus setempat, Gampong Alue Awe, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe pada Selasa, 28 Juni 2022.
Pameran hasil karya kewirausahaan mahasiswa yang mengangkat tema “Creating Young Entrepreneur” tersebut digelar selama dua hari, 28-29 Juni 2022. Expo tersebut dibuka langsung oleh Rektor IAIN Lhokseumawe, Dr Danial.

Pada kesempatan tersebut Rektor IAIN Lhokseumawe yang didampingi Dekan FEBI IAIN, Dr. Mukhtasar, dan ketua Inkubator Bisnis (INBIS) IAIN, Hartanti Dewi, MM juga melakukan safari berkeliling lokasi Bazar mahasiswa yang juga dibuka untuk umum tersebut. Ia menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan tersebut.

“Saya apresiasi atas digelarnya kegiatan ini, saya mengharapkan Entrepreneur Expo ini dapat menumbuhkan spirit wirausaha di kalangan mahasiswa dan mahasiswi. Dan kali ini kita mulai dari bidang Kuliner. Islam ini wajib kaya, supaya kita tidak bergantung kepada pihak lain,” ujar Rektor.

Usai berkeliling meninjau aneka produk di Bazar Mahasiswa, Rektor menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan tersebut. Menurutnya kegiatan tersebut mengandung nilai kreativitas dan inovasi karena terdapat produk-produk lokal, seperti Timphan Aceh maupun kuliner luar negeri dari Korea Selatan.

“Itu semua membuktikan bahwa produk karya mahasiswa itu bisa diolah berbasis lokal juga, bisa dikombinasikan dengan produk-produk global. Supaya daya saingnya bisa lebih baik. Jadi, mereka belajar tentang banyak hal, tentang spirit, daya saing dan kreativitas,” papar Rektor.

Ketua panitia kegiatan, Zulfikar S.Sos MSM mengatakan bahwa awalnya kegiatan tersebut dilakukan untuk kompetisi kelas kewirausahaan, mata kuliah kewirausahaan.


“Awalnya kegiatan ini bertujuan sebagai implementasi dari teori yang diterima mahasiswa di bangku perkuliahan, diperuntukkan untuk 14 kelas, ternyata mahasiswa sangat antusias, bahkan dari Fakultas lain diluar FEBI minat bergabung, bahkan Politeknik Lhokseumawe juga berpartisipasi pada gelaran Bazar ini,” ujar Zulfikar didampingi Wakil Dekan 3 FEBI Taufiq Mahmud.

Taufiq menambahkan, kegiatan Entrepreneur Expo tersebut akan menjadi kalender rutin INBIS IAIN Lhokseumawe. Taufiq mengucapkan terima kasih kepada Bank Syariah Indonesia (BSI), Bank Aceh Syariah, Pegadaian Syariah, Bank Indonesia, serta DJP Lhokseumawe yang menjadi sponsor pada kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini akan dilakukan setiap tahun, menjadi kegiatan rutin, dengan harapan merubah mindset dan melatih kewirausahaan mahasiswa dengan memanfaatkan potensi yang ada di alam dan lingkungan sekitar,” ujar Taufiq.

Kegiatan berbentuk lomba Business Plan Competition tersebut melibatkan Dewan Juri, antara lain Mukhlis Azhar (owner Ayam Penyet Pak Ulis), Sengklekman (Content Creator Digitalpreneur), dan Bintang Alya (owner Station Coffee Darussalam).

Dari hasil penjurian, juara 1 diraih kelompok AKS6U3 dengan produknya Bakso Bakar Blepot (BBB), lalu juara 2 diraih kelompok ES6U6 dengan produk Class Made Timphan, dan juara 3 diraih kelompok AKS6U2 dengan produknya Ausss Magic, yaitu minuman kesehatan tanpa soda dan pemanis buatan.

Juara harapan 1 menjadi milik kelompok ES6U2 dengan produk Ban’s Choco Banana, harapan 2 kelompok PBS6U4 dengan produk Zoon politicon Kopi, lalu kelompok ES6U4 dengan produk Puding Sutra sebagai juara harapan 3.(*)