Kadisdikbud Bireuen Muhammad Al Muttaqin, S.Pd., Buka Diklat Kepala Pustaka Tingkat SMP


Adsense

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Kadisdikbud Bireuen Muhammad Al Muttaqin, S.Pd., Buka Diklat Kepala Pustaka Tingkat SMP

31/10/22

Bireuen l Bidang Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bireuen menggelar pendidikan dan pelatihan (Diklat) bagi Kepala Pustaka Sekolah jenjang SMP se Kabupaten Bireuen tahun 2022.

Kegiatan kerjasama dengan Perpustakaan Nasional RI, dibuka oleh oleh Kadisdikbud Bireuen, Muhammad Al Muttaqin, S.Pd.,
M.Pd, di Aula Wisma Bireuen Jaya, Senin pagi (31/10/2022).

Kegiatan pendidikan dan pelatihan bagi Kepala Pustaka Sekolah jenjang SMP se Kabupaten Bireuen ini, dilaksanakan selama enam hari, 31 Oktober sampai dengan 5 November 2022, bertempat di Wisma Bireuen Jaya.

Dalam sambutanya, Kadisdikbud Bireuen, Muhammad Al Muttaqin
mengatakan, pustaka itu bukan tempat pelarian dan pesembunyian.

"Pustaka itu adalah Jendela gerakan literasi sekolah," katanya.

Muhammad Al Muttaqin berharap semoga setelah pelatihan ini peserta mampu mengaplikasikan ilmu yang didapatkan untuk mengelola perpustakaan sesuai dengan standar dan bertanggungjawab dalam mengelola perpustakaan.

"Pihaknya sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan Bidang Pembinaan Ketenagaan Disdikbud Bireuen dengan membuat kegiatan diklat pengelolaan perpustakaan bagi kepala perpustakaan sekolah ini," ujar Kadisdikbud Bireuen ini.

Sebelumnya, Kabid Pembinaan PTK Disdikbud Bireuen, Surya,S.Pd.,M.Pd selaku ketua pelaksana kegiatan melaporkan, kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan pengelolaan perpustakaan yang profesional dan memiliki kompetensi keahlian dibidangnya.

Peserta kegiatan diklat berjumlah 95 orang, terdiri dari Guru Pengelola Pustaka jenjang SMP Negeri dan Swasta Se Kabupaten Bireuen.

"Dari angka tersebut peserta dibagi tiga kelas," jelas Kabid Pembinaan PTK Disdikbud Bireuen ini.

Kegiatan pendidikan dan pelatihan  Kepala Pustaka Sekolah jenjang SMP se Kabupaten Bireuen tahun 2022 ini, menghadirkan tiga orang narasumber, ialah Sujatna,S.Sos., M.Hum, Laya Dachliayani, S.Sos dan Drs. Sudarto, M.Si.

"Ketiga narasumber tersebut bertugas di Badan Perpustakaan Nasional RI Jakarta," sebut Surya. (*).