PNL Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru ke Kepsek dan Operator SMA/SMK Se Aceh Timur, Langsa dan Aceh Tamiang

Adsense

 

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

PNL Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru ke Kepsek dan Operator SMA/SMK Se Aceh Timur, Langsa dan Aceh Tamiang

1/20/2023

Aceh Timur - Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) melaksanakan sosialisasi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Tahun Akademik 2023/2024 melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) untuk jalur undangan, jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) – Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) untuk jalur tes, dan jalur Mandiri ke Kepala SMA/SMK dan Operator Sekolah SMA/SMK Se-Aceh Timur, Langsa dan Aceh Tamiang. 

Koordinator Humas dan Kerja Sama PNL Ir. Muhammad Hatta, SST.MT mengatakan, kegiatan sosialisasi ini difasilitasi oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdisdik) Wilayah Aceh Timur Rahmatsah Putra, S.Pd, Kacabdisdik Kota Langsa Muhammad Daud, S.Pd. M.Pd dan Kacabdisdik Aceh Tamiang Bachtiar, S.Pd. M.Pd sebagai tindak lanjut MoU yang sudah ditandatangani pada tanggal 13 Januari 2023 di Kampus PNL.

Hatta menambahkan, kegiatan sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru PNL dilaksanakan di tiga tempat yang berbeda yang di ikuti oleh Kepala SMA/SMK dan Operator Sekolah Se Aceh Timur, Kota Langsa dan Aceh Tamiang.

"Di Aceh Timur dilaksanakan pada hari Senin (16/01/23) di Aula SMA Negeri 1 Peureulak, sedangkan di Kota Langsa pada hari Selasa (17/01/23) di Aula SMKN 1 Langsa, sementara di Aceh Tamiang di laksanakan pada hari Rabu (18/01/23) di Aula SMKN 2 Karang Baru," terang Hatta.

Dalam paparannya di hadapan Kepala Sekolah dan Operator, Hatta menyampaikan, untuk seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Tahun 2023 baik PTN Akademik maupun PTN Vokasi (Politeknik) kini dikelola oleh Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) Kemendikbud Ristek, bukan lagi melalui Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Pria yang biasa disapa Bung Hatta ini menambahkan, untuk jalur SNPMB 2023 semakin bervariasi dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Untuk SNPMB tahun ini sudah bisa menambahkan Diploma III (D3) sebagai pilihan baru. Sehingga Program Studi (Prodi) yang dapat dipilih semakin bervariasi, yaitu mulai dari tingkatan Diploma III (D3), Sarjana Terapan (D4), dan Sarjana (S1). Disamping itu, mahasiswa baru nantinya juga boleh memilih dua Prodi dari dua PTN berbeda ataupun satu PTN yang sama," terangnya.

Hatta melanjutkan, hal mendasar yang membedakan dengan tahun sebelumnya juga terkait pilihan Prodi. Tahun ini, setiap siswa dari Jurusan IPA, IPS atau Bahasa dibebaskan untuk memilih Prodi lintas jurusan (Merdeka bertanggungjawab).

Untuk jalur SNBT materi ujian UTBK terdiri dari Tes Potensi Skolastik, Penalaran Matematika, literasi dalam Bahasa Indonesia dan literasi dalam Bahasa Inggris”, jelasnya.

Lanjutnya, di PNL ada 6 Jurusan yang terdiri dari Jurusan Teknik Sipil, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Tata Niaga dan TIK dengan 28 Prodi diantaranya 15 Prodi Sarjana Terapan, 11 Prodi Diploma III, 1 Prodi Magister Terapan dan 1 Prodi Diploma II Jalur Cepat. Dan Uang Kuliah Tunggal (UKT) sangat terjangkau.

"Tarif UKT mulai dari 2,5 jt sampai 3,5 jt. Sementara sumbangan biaya pendidikan bagi Jalur Mandiri bervariasi dari 2,5 jt sampai 5 jt. Dan pengajuan penurunan UKT dapat dilakukan pada Semester III dengan berlaku syarat dan ketentuan," ungkapnya.

Lebih lanjut, Hatta menambahkan di PNL untuk tahun ini kuota untuk calon mahasiswa baru jalur SNBP minimal 40%, SNBT minimal 30% dan jalur Mandiri maksimal 30%.

"Syarat bagi Sekolah yang akan ikut SNBP 2023 adalah SMA/MA/SMK yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). Sementara ketentuan akreditasi untuk menentukan siswa eligible, yaitu Sekolah akreditasi A sebesar 40 persen siswa terbaik, Sekolah akreditasi B sebesar 25 persen siswa terbaik, dan Sekolah akreditasi C sebesar 5 persen siswa terbaik," paparnya.

Diakhir pemaparannya Hatta menyampaikan, bagi calon mahasiswa baru yang akan mendaftar di PNL dapat menghubungi Nomor WA 081368680050 atau mengakses : pmb.pnl.ac.id

Hadir dalam kegiatan sosialisasi PNL Ir. Gusrizal, MT (Dosen Senior Teknik Sipil), Ibnu Khaldun, SST. MT dari Tim Akademik dan Zulny Wahyudy, S.Tr.T dari Tim Humas dan Kerja Sama. (Murhaban)