Abi Jafar Lueng Angen Jadi Khatib Shalat Jum'at Perdana Masjid Haji Muhammad Hanafiah, Ini Pesan yang Disampaikan

Adsense

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Abi Jafar Lueng Angen Jadi Khatib Shalat Jum'at Perdana Masjid Haji Muhammad Hanafiah, Ini Pesan yang Disampaikan

3/08/2024


Lhoksukon - Setelah diresmikan pada 5 Maret 2024 kemarin, Masjid Haji Muhammad Hanafiah yang terletak di Gampong Ranto, Lhoksukon, Aceh Utara menggelar shalat Jum'at pertama kalinya, Jum'at (08/03/2024).

Pelaksanaan shalat Jum'at perdana di Masjid yang dibangun dengan megah nan indah oleh Alm. H. Muhammad Hanafiah itu, yang bertindak sebagai khatib Abi H. Muhammad Jafar yang akrab disapa Abi Jafar Lueng Angen, imam Ust. Tasyukur, SH., MH, Muazin I Tgk. Jalaludin, SP dan Muazzin II Tgk. Zulkhairi, SH sedangkan Protokol oleh Ir. Muhammad Hatta, S.ST., MT yang akrab disapa Bung Hatta.

Abi Jafar Lueng Angen dalam khutbahnya mengajak jamaah untuk selalu senantiasa bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang diberikan, serta bersyukur yang hanya dalam kurun waktu lebih kurang 2 tahun Masjid Haji Muhammad Hanafiah ini dapat diresmikan dan hari ini telah dapat dilakukan untuk pelaksanaan shalat Jum'at perdana. Dan mengajak masyarakat atau jamaah untuk tetap konsisten memakmurkan masjid melalui berbagai kegiatan keagamaan.

Selain itu, Abi Jafar Lueng Angen yang juga Pembina atau Penasehat Dayah Darul Huda Lueng Angen menyampaikan tentang persiapan memasuki bulan suci Ramadhan 1445 H, keutamaan dan kelebihannya dan mengajak jamaah dengan penuh rasa gembira untuk menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan karena Allah dengan bertujuan mendapatkan predikat orang-orang yang bertaqwa.

Abi Jafar Lueng Angen yang juga Wakil Ketua MPU Aceh Utara menambahkan, dalam sebuah hadis Rasulullah Muhammad SAW.

مَنْ فَرِحَ بِدُخُولِ رَمَضَانَ حَرَّمَ اللهُ جَسَدَهُ عَلىَ النِّيْرَانِ

Artinya: “Siapa bergembira dengan masuknya bulan Ramadhan, Allah akan mengharamkan jasadnya masuk neraka.”

"Senantiasa menghadirkan perasaan dan pikiran gembira menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan," jelasnya.

Dijelaskan lebih lanjut, bahwa bukan bahagia masuknya bulan Ramadhan karena perihal lain, seperti bagi orang yang jualan karena laris di bulan Ramadhan, tapi kebahagiaan memasuki bulan Ramadhan juga merasa karena panggilan Allah dan juga dapat menjadi hamba yang bertaqwa seperti yang tercantum dalam Al Quran Surat Al Baqarah ayat 183.

"Mari kita menjadi hamba yang selalu bertaqwa kepada Allah SWT, karena kata Saidina Umar bahwa sepandai-pandai orang yang pandai adalah orang yang bertaqwa kepada Allah, dan sebodoh-bodohnya orang bodoh adalah orang yang mengerjakan larangan Allah SWT," katanya.

Abi Jafar Lueng Angen juga menyampaikan bahwa disebutkan dalam hadis Nabi yang lain, "barangsiapa berpuasa Ramadhan atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni"

Dalam kesempatan tersebut, Abi Jafar Lueng Angen juga berpesan untuk pelaksanaan shalat sunat tarawih di bulan Ramadhan nantinya agar tidak melakukan dengan cepat dan terburu-buru.

"Mari kita laksanakan shalat tarawih ini, seperti yang diajarkan oleh guru-guru dan para ulama kita," pintanya.

Usai pelaksanaan shalat Jum'at, Ketua BKM atau Imam Besar Haji Muhammad Hanafiah Ust. Shaifuddin Fuady, S.Ag., MA, didampingi para Pengurus mengatakan bahwa harapannya Masjid ini nantinya menjadi salah satu masjid yang bisa mencetak kader generasi.

"Kita berharap masjid ini, selain menjadi sebagai pusat peradaban umat juga bisa melahirkan generasi-generasi yang hebat dan berakhlak mulia," ucap Ust. Shaifuddin Fuady saat dijumpai oleh awak media. (Murhaban)