PKS Bireuen Latih Pemuda Beternak Lebah Madu

Adsense

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

PKS Bireuen Latih Pemuda Beternak Lebah Madu

6/27/2021



Peunawa.com
|BIREUEN - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Bireuen melaksanakan Pelatihan Budidaya Lebah Madu di Gampong Raya Dagang, Kecamatan Peusangan Kab. Bireuen pada Minggu, (27/06/2021) pagi.

Kegiatan yang diselenggarakan ini merupakan sesi yang kedua, dimana sesi sebelumnya telah dilaksanakan sekitar 2 bulan yang lalu.

Sesi Pertama diajarkan cara membuat Glodok atau perangkap lebah dari batang kelapa dan diantara peserta ada yang lebahnya telah masuk ke perangkap (Glodok).

Sementara di sesi kedua, yaitu mempraktekkan cara pemindahan lebah, sarang dan ratu lebah ke tempat budidayanya yaitu setup dibimbing oleh Ismahadi,SP dan para peserta sangat antusias dan langsung praktek cara pemindahannya.

Ketua  Bidang Pekerja Petani dan Nelayan DPD PKS Bireuen, Johari Mukhtar mengatakan kegiatan ini tertujuan untuk memberdayakan anak-anak muda Bireuen agar memiliki ketrampilan dalam hal beternak lebah madu. 

"Lebah madu ini memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi dan ini menjadi lahan pekerjaan baru dimana di Bireuen cukup banyak penganguran",tutur Kabid PPN PKS Bireuen.

Sekretaris PKS Bireuen, Syahrizal,SP mengarahkan agar terus berbuat apa yang bisa untuk kebaikan masyarakat Bireuen, terkhusus para pemuda, pemuda bireuen harus bisa mandiri, bsnis beternak Lebah Madu adalah peluang bisnis yang cukup potensial di Bireuen, tinggal belajar dan praktekkan, insha Allah akan berhasil.

"Apalagi alam kita masih kaya dengan berbagai tanaman dan tumbuhan, ditambah lagi lahan-lahan masih banyak yang kosong, kenapa ngak kita gunakan saja untuk budidaya lebah madu, harga madu sekarang cukup tinggi dan kesadaran masyarakat untuk konsumsi maju juga meningkat, tunggu apalagi wahai anak muda.."just do it" bahasa awak nyoe",imbuhnya lagi.

Untuk diketahui, Lebah merupakan sekelompok besar serangga yang dikenal karena hidupnya berkelompok meskipun sebenarnya tidak semua lebah bersifat demikian, semua lebah masuk dalam suku atau familia Apoidae (Ordo Hymenoptera : serangga bersayap selaput)

Lebah Madu termasuk dalam hewan kelas insekta(serangga),spesies terbanyak di Indonesia adalah Apis cerana, Apis dorsata dan Apis florea.

Turut hadir Ketua DPD PKS Bireuen, H. Zulfahmi Zulhan , ST. MT., Kabid  Pengembangan Desa, Achyarnis, S.Pd., Kabid Pengembangan Ummat dan Dakwah,Tgk.Dedy Arianto,S.Pd .I dan para pemuda Bireuen lainnya.(Elga/Red)