Papua Berencana Lockdown, Mendagri Minta Enembe Terapkan PPKM Level 4

Adsense

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Papua Berencana Lockdown, Mendagri Minta Enembe Terapkan PPKM Level 4

7/26/2021

Mendagri Tito Karnavian saat Jumpa Pers di Istana Kepresidinan RI
Melalui Kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin(26/07/2021).

Peunawa.com |JAKARTA - Pemerintah Provinsi Papua berencana menutup akses keluar-masuk atau lockdown mulai 1 Agustus 2021 demi menghadirkan penonton dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) dan fokus pada vaksinasi.

Melansir CNNIndonesia.com (21/07/2021), Asisten II Sekretaris Daerah Provinsi Papua Mohammad Musa'ad berharap pembatasan ini membuat kasus Covid-19 di Papua turun, kekebalan kelompok tercapai, dan PON di wilayahnya bisa diselenggarakan dengan penonton.

"Harapan kita supaya PON dilaksanakan dengan penonton minimal 25 persen. Jangan sampai tidak ada penonton karena masyarakat Papua semua sudah tahu ini adalah kesempatan baik, penghargaan bagi masyarakat Papua", Kata Musa'ad mengutip CNNIndonesia.com.

Namun Pemerintah Pusat tak merestui Pemerintah Provinsi Papua menerapkan lockdown (karantina wilayah) mulai 1 Agustus, Pemerintah memerintahkan Papua  menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian beralasan penggunaan istilah lockdown akan membingungkan masyarakat, menurutnya, aturan PPKM Level 4 lebih jelas dan rinci.

"Saya sudah komunikasikan ke Pak Gubernur jadi kita gunakan istilah PPKM level 4 level 3, bukan istilah lockdown. Kalau lockdown, nanti masyarakat jadi bingung. Belum tentu seluruh masyarakat memahami arti lockdown," kata Tito dalam jumpa pers di Kantor Presiden, disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin (26/7).

Tito menjelaskan ada tiga daerah di Papua yang menerapkan PPKM Level 4, yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke. Ia menilai pembatasan yang berlaku di tiga daerah itu sudah cukup ketat.

Mantan Kapolri itu menambahkan ada sejumlah daerah lain di Papua yang menerapkan PPKM Level 3. Beberapa di antaranya adalah daerah penyelenggara Pekan Olahraga Nasional (PON).

Tito berkata pemerintah akan menerapkan PPKM Level 4 dan PPKM Level 3 di Papua sampai 2 Agustus. Ia menyebut akan ada evaluasi terhadap penerapan kebijakan ini.

"Kita berharap terjadi penurunan kasus di Papua seperti harapan Bapak Gubernur dan masyarakat di sana. Kemudian BOR juga makin menurun, makin longgar. Nanti kalau memang belum, ya kita akan masuk level 4 lagi," tutur Tito

Sumber : CNNIndonesia
Editor     : Redaksi