10 Mahasiswa HI Fisip Umuslim Menangkan Perlombaan AIRMUN


-->

Iklan Utama

Iklan berjalan

10 Mahasiswa HI Fisip Umuslim Menangkan Perlombaan AIRMUN

_Pimred
Jumat, 01 Oktober 2021

Peunawa.com l BIREUEN - Sepuluh Mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional, Fakuktas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Almuslim (Fisip Umuslim) Bireuen memenangkan Perlombaan AIRMUN (Aceh Internasional Relations Model United Nations) pada tanggal 28 Agustus 2021. 

AIR MUN merupakan perlombaan Simulasi Sidang PBB pertama di yang di adakan di Aceh, perlombaan ini diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (HIMAHI) Universitas Almuslim di Ruang Auditorium MUN HI. 

Pada perlombaan ini peserta dituntut untuk bisa berperan sebagai diplomat dari negaranya masing-masing. Mengusung Tema “Penggunaan Sumberdaya Alam Tak Terbaharukan dalam Mengurangi Permasalahan Lingkungan” dalam kegiatan ini peserta AIRMUN dituntut untuk bisa menyelesaikan masalah lingkungan yang terjadi di dunia internasional. Para peserta bernegosiasi, diplomasi, menarik perhatian, berdiskusi, hingga berdebat untuk bisa memenangkan perlombaan. Sistem penilaian dari perlombaan ini dilihat dari beberapa aspek, seperti Teknik diplomasi yang dilakukan, Public Speaking, Menulis Position Paper, Aktif dalam Forum, Mosi yang diterima, dll.

Wira Andhika, selaku ketua panitia pada AIRMUN 2021 mengatakan dari kegiatan ini diharapkan pemuda/i indonesia mampu termotivasi untuk selalu aktif dalam memajukan bangsa, selain itu diharapkan wadah ini dapat menjadi bekal bagi pemuda/i Indonesia untuk mengasah diri mereka kedepannya.

Sementara Muhammad Achdan Tharis, Ketua Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (HIMAHI) Universitas Almuslim mengatakan suatu kebanggaan bisa menjadi organisasi pertama yang melaksanakan kegiatan MUN ini.

"kedepannya kami akan terus berinovasi dan berkreasi baik dalam isu-isu yang di diskusikan, dan lain sebagainya, demi meningkatkan SDM di Indonesia, melalui wadah kami,”ujarnya melalui rilis pada Jum'at (1/10/2021).

Adapun Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Almuslim yang memenangkan perlombaan AIRMUN (Aceh International Relations Model United Nations) adalah :

- Ridha Akmal (Best Delegate), HI 2021
- Safriana (Best Position Paper Delegate), HI 2021
- Aqil Faza Saifullah (The Most Outstanding Delegate), HI 2021
- Sri Maulida (The Most Outstanding Delegate), HI 2021
- Siti Nurhaliza Harahap (Honorable Mention Delegate), HI 2021
- Mirda (Honorable Mention Delegate), HI 2021
- Hayatun Nufus (Verbal Accomodation), HI 2021
- Badratun Nafis (Verbal Accomodation), HI 2021
- Firly Aprilia (Verbal Accomodation), HI 2021
- Risma Maulina (Verbal Accomodation), HI 2021, (Rel)