Dandim 0111/Bireuen Lakukan Panen Padi di Lahan Demplot Kodim

Adsense

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Dandim 0111/Bireuen Lakukan Panen Padi di Lahan Demplot Kodim

12/08/2021

Bireuen - Komandan Kodim 0111/Bireuen Letkol Inf M. Ali Akbar,S.I.P.melakukan panen padi di lahan demonstration plot (demplot) Kodim 0111/Bireuen dan Kelompok Tani, Desa  Geulumpang Payong Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen,Rabu (08/12/2021).

Dandim mengatakan, Demplot yang dilakukan oleh Kodim adalah suatu metode pertanian dengan cara memberi percontohan kepada petani agar bisa mempratekkan, dan membuktikan terhadap obyek yang didemontrasikan.

Diharapkan dengan cara seperti ini dapat menghasilkan panen yang lebih maksimal dan meningkat dari panen sebelumnya dan Siap memenuhi kebutuhan pangan dalam suasana wabah Covid -19,” ungkap Dandim yang Asli Putra Aceh.

Ditegaskan oleh Dandim,  Penanaman padi tersebut merupakan upaya TNI untuk memberikan apresiasi dan membantu para petani di wilayahnya, Yaitu berupa pendampingan tehadap para petani dalam melaksanakan ketahanan pangan. 

Dukungan yang diberikan berupa tenaga, penanaman bibit, pemeliharaan, hingga panen. Harapannya hasil panen ini dapat menjadi sentral logistik ketahanan pangan khususnya di wilayah Kabupaten Bireuen. 

“Kita akan gerakkan para kelompok tani untuk meningkatkan tanaman padi di sini. Tujuannya supaya dapat memenuhi kebutuhan pangan masyarakat, Selain itu juga agar Desa Geulumpang Payong bisa menjadi lumbung padinya Kabupaten Bireuen,” tegasnya.

Kadis Pertanian Irwan Sp. M. Si memberikan apresiasi terhadap TNI bahwasannya kegiatan tersebut merupakan upaya untuk memberikan motivasi kepada para kelompok petani dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan. 

“Nanti kami akan lebih meningkatkan hubungan yang lebih solid lagi antara TNI dan masyarakat khususnya kelompok tani. Sehingga bisa meningkatkan hasil produksi padi dan untuk ketahanan pangan terutama di wilayah kecamatan Jeumpa yang komoditas utamanya adalah padi,” Ungkapnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut,Dandim 0111/Brn Letkol Inf M. Ali Akbar S.I.P, Kasdim 0111/Brn Mayor Arh Ronal Samosir ,Ketua Persit Ranting Cabang XXXIV  Ny M Ali Akbar, Pasiter Kodim 0111/Brn Kapten Inf Yusri Kadis Pertanian/Perkebunan,Irwan SP.N.Si,Kabit Tanaman Pangan Dan Hortikultura , Ir. Hj. Mutia M.Si,Kabit Penyuluhan Pertanian Hendriyansyah S.P,Danpos Jeumpa Pelda Zufuadi,Para Babinsa dan para anggota Dinas pertanian Bireuen, Para ibu persit Kodim 0111/Bireuen,Para petani Desa. Geulumpang Payong Kec. Jeumpa.