Bupati Bireuen Lantik Zulfaizal Saleh Keuchik Defenitif Gampong Baro


Adsense

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Bupati Bireuen Lantik Zulfaizal Saleh Keuchik Defenitif Gampong Baro

04/01/22

BIREUEN - Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani, SH MSi melantik Zulfaizal Saleh, SE MKes sebagai keuchik defenitif Gampong Baro, Kecamatan Kota Juang, periode 2021 - 2027, Senin (3/1/2021) pagi digelar dihalaman Meunasah setempat.

Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani SH MSi dalam sambutan mengatakan bahwa keuchik berada pada tingkat ke empat dalam pemerintahan dan keberadaannya sangat kuat, dipilih langsung oleh masyarakat.

Menurut Bupati, pelantikan keuchik hari ini sangat istimewa dan kelima dilaksanakan ke gampong, selain juga dikumpul dilantik serentak di Aula Setdakab Lama seperti dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Dikatakan juga dengan ada alokasi dana desa dikucurkan pemerintah, saat ini keuchik sudah punya rencana kerja sendiri, sudah tujuh tahun dana desa diberikan pemerintah, bertujuan untuk pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat.

Kata Bupati Bireuen, selama itu pula, saat ini apa reproduksi atau produk yang sudah dihasilkan oleh gampong, untuk peningkatan perekonomian dan kesejahteraan bagi masyarakat serta kemajuan infrastruktur gampong.

Menurutnya, evaluasi penggunaaan desa dalam lima tahun terakhir, ada kecenderungan digunakan untuk membangun meunasah, pigura, tetapi tidak ada kolerasi langsung dengan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Tetapi memang pembangunannya itu memang dibutuhkan, maka dua tahun terakhir ini, pemerintah membatasi pengunaan dana desa. Paradigma pembangunan di masyarakat adalah pembangunan fisik.

Sudah sangat besar anggaran yang dikucurkan pemerintah untuk semua gampong di Bireuen, tapi dari data Badan Pusat Statistik (BPS) tingkat kemiskinan di Bireuen masih 13,6 persen.

"Maka diperlukan ada evaluasi dari kita semua, dimana kekeliruan dalam perencanaan pembangunan sehingga konteks menekan kemiskinan masih rendah, dari dana desa support dana untuk usaha masyarakat dan BUMG, sehingga masyarakat kita dapat terus berdaya dan berhasil," imbuh Bupati.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga berharap kepada Keuchik Gampong Baro tugas utama paska dilantik yaitu tingkatkan capaian vaksinasi kepada masyarakat dari baru 50 persen bisa 70 persen dan lebih dari itu.

Juga terus melakukan pembenahan dan adanya inovasi pembangunan untuk kemajuan Gampong Baro, dan bagi ibu ketua TP-PPK agar dapat membentuk kelompok masyarakat untuk menghasilkan produk, guna mendukung perekonomian warga, pesan Bupati.

"Keuchik juga saya harapkan agar dapat memamfaatkan jasa ahli untuk melihat potensi dimiliki Gampong Baro sehingga dapat merencanakan pembangunan lebih baik ke depan, untuk dana desa saat ini masih ada 8 persen alokasi untuk penanganan Covid-19," ungkap Bupati Bireuen.

Sumber: Diskominsa Kabupaten Bireuen