Jaga Kebersihan dan Kelestarian Lingkungan Kita


Adsense

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Jaga Kebersihan dan Kelestarian Lingkungan Kita

28/07/22


    Menjaga kesehatan lingkungan sudah menjadi kewajiban bagi setiap individu, selain untuk menjaga lingkungan dan alam kita semakin lestari, juga agar Good People dan keluarga terhindar dari penyakit. Lingkungan semakin sehat, tubuh kita juga semakin terjamin kesehatannya karena terhindar dari penyakit, karena seperti yang kita ketahui, kesehatan itu mahal.

Memang tubuh yang sehat bisa didapatkan dari berolahraga secara teratur, menkomsumsi makananan bergizi, dan lingkungan yang sehat dan bersih. Lingkungan yang sehat terkadang diabaikan karena kesibukan dan aktivitas yang padat sehingga lingkungan sekitar tidak dijaga kebersihannya. Lingkungan yang tidak sehat bisa menimbulkan berbagai macam penyakit, salah satu yang mengkhawatirkan adalah deman berdarah (DBD).

Kebersihan lingkungan berarti keadaan bebas dari kotoran, termasuk di dalamnya; debu, sampah, dan bau. Di Indonesia, masalah kebersihan lingkungan selalu menjadi perdebatan dan masalah yang berkembang. Kasus-kasus yang menyangkut masalah kebersihan lingkungan setiap tahunnya terus meningkat. Dan elemen yang bisa membuat lingkungan Good People bersih adalah lingkungan yang menjadi lebih sejuk, bebas dari polusi udara, air menjadi lebih bersih dan aman untuk di minum.

Menjaga kebersihan lingkungan tidaklah terikat pada tempat dimana kita tinggal, tetapi dimanapun kita berada, maka kewajiban untuk turut menjaga dan merawatnya, secara otomatis juga berada di pribadi Good People. Kemudian bisa melanjutkannya dengan menjaga kebersihan rumah dan halaman. Karena kebersihan rumah dan halaman akan membuat kita menjadi lebih terbiasa untuk membersihkan lingkungan lainnya. Menyapu rumah dan juga halaman yang dijadwalkan rutin, tidak menunggu pada saat kotor saja.

Hal terpenting dalam menjaga kebersihan lingkungan adalah untuk tetap membiasakan hal-hal baik seperti kebiasaan membuang sampah pada tempatnya. Mencoba untuk memilah-milah sampah. Ada yang bisa dijadikan pupuk kompos, ada yang bisa dibakar, bahkan ada yang bisa didaur ulang. Kemudian yang paling penting dalam hal ini juga adalah membiasakan untuk gotong royong membersihkan lingkungan bersama. Selain bisa menjaga lingkungan tetap sehat, juga bisa menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat.

Kebersihan lingkungan mempunyai peranan yang sangat penting dan tak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Menjaga kebersihan lingkungan sama artinya menciptakan lingkungan yang sehat, bebas dari kotoran, seperti debu,  sampahdan bau yang tidak sedap. Dengan lingkungan yang sehat, kita tidak akan mudah terserang berbagai penyakit seperti demam berdarah, malaria, muntaber dan lainnya. Tidak hanya di bidang kesehatan, kebersihan lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan, keindahan dan keasrian lingkungan yang nantinya bermuara pada kedamaian. Semua ini dapat kita raih dengan melakukan perbuatan kecil dan sederhana, mulai dari menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita.

Kebersihan lingkungan dimulai dari lingkungan rumah dan tempat kita bekerja. Untuk kebersihan lingkungan di sekitar rumah, kita lakukan dengan membersihkan halaman dan telajakan rumah. Mari biasakan diridengan pola hidup bersih.Sampah yang dihasilkan rumah tangga selanjutnya kita pilah menjadi tiga, sampah organik, sampah non organik dan sampah botol atau pecah belah. 

Dengan pemilahan jenis sampah ini akan sangat bermanfaat, sampah organik bisa kita jadikan kompos sehingga bermanfaat untuk menyuburkan tanah dan tanaman.Sampah non organik kita kumpulkan dan kita jual ke pengepul untuk didaur ulang sehingga memberikan nilai lebih. Sementara itu untuk tempat kerja, ciptakan suasana ruang kerja yang bersih, rapi dan indah sehingga kita nyaman dalam melakukan aktivitas pekerjaan sehari-hari. Perlu juga diatur jadwal untuk kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan kantor. 

Hal yang tidak kalah penting  adalah menanam tanaman. Tanaman mempunyai banyak fungsi yaitu sebagai penyaring debu, penyimpan air tanah, penyejuk dan pendingin alami. Selain itu tanaman juga dapat dijadikan sebagai taman yang akan memberikan suasana asri dan indah lingkungan sekitar kita.Dengan adanya pohonp yang rindang, taman yang asri, otomatis kita akan menjadi nyaman dan betah di rumah maupun di kantor dalam melaksanakan tugas sehari-hari. 

*Reza Syuhada (3012018047)
Penulis merupakan mahasiswa jurusan Komunikasi Penyiaran Islam IAN Langsa.