Di Buka Rektor Almuslim Dr Marwan Hamid, M,Pd, 942 Mahasiswa Ikut PKKMB 2022


Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Di Buka Rektor Almuslim Dr Marwan Hamid, M,Pd, 942 Mahasiswa Ikut PKKMB 2022

23/08/22

Peunawa.com
Peunawa.com l Kegiatan Pembukaan PKKMB berlangsung di Auditorium Academik Center (AAC) Ampon Chiek peusangan, dibuka langsung oleh Rektor Umuslim Dr. Marwan, MPd , Senin, (22/8).

Menurut ketua panitia pelaksana PKKMB Muhamamd Sayuti, kegiatan berlangsung secara luring selama tiga hari (22-24 Agustus 2022).

Selama kegiatan mahasiswa dibekali berbagai materi seperti pengenalan akademik, sejarah yayasan almuslim, wawasan kebangsaan, Kamtibmas, pengenalan fakultas, prodi juga tentang kemahasiswaan seperti ormawa dan UKM, jelas Muhamamd Sayuti.

Sedangkan dalam sambutan presiden mahasiswa universitas Almuslim Muhammad Najuni menginginkan agar ilmu yang nanti didapatkan di bangku perkuliahan agar dapat di implementasikan didalam kehidupan bermasyarakat, selain itu presiden mahasiswa universitas Almuslim itu juga menambahkan supaya mahasiswa baru universitas Almuslim untuk peka terhadap permasalahan masyarakat.

Rektor umuslim Dr.Marwan,MPd dalam arahannya meminta mahasiswa baru agar lebih aktip dan kreatif, apalagi sekarang pemerintah telah menjalankan konsep kurikulum pendidikan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Dimana menurut Dr.Marwan,MPd program MBKM ini membutuhkan keaktipan dan kreatifitas mahasiswa lebih banyak, sekarang banyak prestasi diperoleh mahasiswa Umuslim baik tingkat regional maupun nasional.

Dimata pemerintah tidak ada beda mahasiswa PTS dan PTN, yang ada beda adalah prestasi, ungkapnya.

Selain itu Rektor Umuslim Dr.Marwan,MPd juga menyampaikan bahwa pradigma baru pendidikan di Indonesia saat ini harus mempunyai kompetensi 4C.

Adapun 4 C tersebut yaitu communication atau komunikasi, collaboration atau kerjasama, critical thinking atau kritis, creativity and inovation atau kreativitas dan inovasi.

Dengan kompetensi 4C diharapkan mahasiswa dapat mengikuti perkuliahan dengan lancar karena adanya komunikasi yang baik dengan dosen maupun dalam pergaulan sehari-hari dengan teman dikampus.

Kemudian Collaboration atau kerjasama, mahasiswa diharapakan dapat bekerjasama sesama warga kampus dan saling membantu sesama teman baik dalam ,engikuti perkuliahan maupun dalam pergaulan agar dapat lebih berkembang.

Ketiga Creatif, seorang mahasiswa ditutntut untuk kreatif apalagi sekarang proses perkuliahan telah menerapkan progarm MBKM, yang menuntut mahasiswa lebih kreatif.

Keempat adalah Critical thinking atau kritis, mahasiswa harus bersifat kritis dalam arti selalu memberikan masukan-masukan kritis demi perbaikan baik sesama teman maupun untuk masukan kepada dosen, guna berjalannya perkuliahan.

Turut menyampaiakan sambutan ketua pembina Yayasan Almuslim Rusyidi Mukhtar, S.Sos dalam sambutanya mengajak seluruh mahasiswa untuk belajar dengan sungguh dan saling mendukung dan menghargai agar berjalannya proses belajar mengajar yang baik.

Pembukaan turut dihadiri wakil rektor, dekan sejumlah dosen, alumni juga beberapa pengurus yayasan Almuslim, diakhri dengan penyematan atribut tanda dimulainya PKKMB oleh rektor Umuslim Dr.Marwan,MPd kepada perwakilan peserta.(*)