KIP dan Panwaslih Aceh Utara Monitoring dan Supervisi Coklit Data Pemilih di Nibong

Adsense

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

KIP dan Panwaslih Aceh Utara Monitoring dan Supervisi Coklit Data Pemilih di Nibong

2/28/2023

Lhoksukon - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Utara bersama Panitia Pengawas Pemilih (Panwaslih) Aceh Utara melakukan pemantauan Pencococokan dan Penelitian (Coklit), ke rumah-rumah warga. 

Turut hadir Komisioner KIP Aceh Utara Fauzan Novi dan Anggota Panwaslih Aceh Utara Muhammad Nur Furqan melakukan supervisi  dan Monitoring di Gampong Sumbok Rayeuk Kecamatan Nibong, Aceh Utara, Minggu (26/02/2023). 

Kordiv data dan Informasi KIP Aceh Utara Fauzan Novi mengatakan, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Utara bersama Panwaslih Aceh Utara  baru saja memantau pelaksanaan coklit, terkait dengan tahapan pantarlih untuk pemilih pemilu 2024 di Kecamatan Nibong. 

"Semoga masyarakat yang didatangi oleh petugas pantarlih bisa menerima untuk didata sebagai pemilih nanti pada pemilu 2024. Cukup siapkan kartu keluarga dan KTP elektronik," ujar Fauzan saat menyambangi beberapa lokasi Coklit di Kecamatan Nibong tersebut. 


Dikatakannya, kegiatan ini merupakan bagian dari kesertaan yang telah diatur dalam tahapan Coklit hingga berakhir 14 Maret 2023, dan ia berharap agar masyarakat menerima kedatangan petugas pantarlih untuk kepentingan pendataan pemilih pada Pemilu 2024.

"Kita Juga menyambangi beberapa lokasi guna monitoring pencoklitan data pemilih, dalam kunjungannya ikut didampingi oleh PPK dan Panwascam kecamatan Nibong," lanjutnya. 

Ia menjelaskan pantarlih yang resmi dari KPU dibekali kelengkapan alat kerja berupa berkas formulir A dan membawa stiker yang berlogo KPU untuk ditempelkan di rumah warga yang telah didatangi petugas.

"Stiker tempel itu sebagai bukti telah dilakukan pencocokan dan penelitian. Petugas kami juga mengenakan rompi, topi, serta tanda pengenal saat bertugas," katanya.

Ketua PPK Nibong Razali, S.A.B mengatakan Pantarlih setiap gampong melaksanakan coklit terhitung sejak 12 Februari hingga 14 Maret 2023. Ia mengajak seluruh masyarakat untuk menyukseskan coklit.

"Kebetulan hari ini, Coklit di lakukan pada beberapa rumah digampong Sumbok Rayek kecamatan Nibong.

Alasan kita ambil lokasi kunjungan di gampong ini, dikarenakan jumlah penduduk terbanyak berada disini." Ujar Kingli, sapaan akrab Razali.

Sementara dari Panwascam yang juga ikut mendampingi panwaslih Aceh utara disambut oleh PKD gampong Sumbok Rayek, " kami dari panwascam intens mengawasi PKD di setiap gampong nya, dikarenakan tugas kita lumayan banyak untuk tahapan ini, jadi harus kita monitor selalu perkembangan di lapangan" ujar ketua Panwascam Nibong Abel Pasai.

Menurutnya ada beberapa gampong di Nibong yang telah selesai pencoklitan, sementara PKD masih giat melakukan uji petik 10 KK/harinya, demi memastikan kembali keabsahan data pemilih.

Sementara itu, Kordiv Pencegahan, Partisipasi masyarakat, dan Hubungan Masyarakat, Panwaslih Aceh Utara, Muhammad Nur Furqan Dalam Kesempatan tersebut  menghimbau kepada PKD agar selalu teliti dalam melakukan pengawasan juga selalu mengedepankan komunikasi yang baik dilapangan.

Seusai melakukan monitoring bersama, agar terjalinnya komunikasi yang baik antar dua lembaga pelaksana pemilu ini, seluruh peserta yang terdiri dari KIP, Panwaslih, PPK Nibong, Panwascam Nibong, PPS Sumbok, Sekret PPS Sumbok, PKD Sumbok, dan Pantarlih Sumbok menyempatkan istirahat bersama di Rujak Nibong, yang merupakan salah satu wisata kuliner andalan di Aceh utara. []