Mukim Lhoksukon Barat Resmi Tutup MTQ Ke VII 1444 H Gampong Keutapang LB

Adsense

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Mukim Lhoksukon Barat Resmi Tutup MTQ Ke VII 1444 H Gampong Keutapang LB

4/17/2023

Lhoksukon - Mukim Lhoksukon Barat M. Hoiyah Hasnoer dengan resmi menutup kegiatan MTQ ke VII Gampong Keutapang LB tahun 1444 H / 2023 M, yang dipusatkan dihalaman Gampong tersebut, Sabtu malam (15/04/2023). 

Sebagaimana diketahui, Gampong Keutapang LB Kecamatan Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara sukses menggelar Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke-VII yang sudah berlangsung selama satu minggu, yaitu sejak tanggal 08 April sampai 15 April 2023.

Acara tersebut, turut dihadiri oleh Wakil Ketua DPRK Aceh Utara Hendra Yuliansyah, S.Sos, SH., M.AP, penceramah Abi Ibnu Saddan, perwakilan dari para Muspika Lhoksukon, Ketua Forum Geuchik Lhoksukon, para Geuchik di Kec. Lhoksukon, para Dewan Hakim, Imam Besar Masjid Al Qautsar Alue Mudem, para pimpinan Dayah, tokoh agama, tokoh masyarakat serta tamu undangan lainnya. 

Dalam sambutannya, Mukim Lhoksukon Barat yang akrab disama Mukim Hoiyah mengatakan betapa pentingnya kegiatan mulia yang dilaksanakan seperti ini, selain sebagai ajang silaturahmi juga bisa menumbuhkan semangat dan giat untuk para generasi kedepannya. 

"Kegiatan MTQ ini adalah merupakan kegiatan yang mulia di bulan suci Ramadhan, dimana anak anak kita para peserta semuanya mengikuti seluruh cabang yang diperlombakan, diantaranya tilawatil quran sebagai mana al qur'an juga diturunkan pada bulan yang berkah ini," ujarnya. 

Pada kesempatan itu, Mukim Hoiyah juga mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh para Pemuda yang ada di Gampong Keutapang LB ini. 

"Kita mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemuda Gampong Keutapang LB, Geuchik setempat serta para masyarakat, yang saat ini adalah merupakan MTQ yang ke VII, kegiatan seperti ini semoga juga menjadi contoh bagi Gampong yang lainnya, khususnya di Kemukiman Lhoksukon Barat, sebagaimana saat ini kita juga sudah terbentuk Forum untuk Pemuda Lhoksukon Barat," tuturnya.

Penutupan acara MTQ ini dipandu oleh Tgk. Murhaban, SH, berlangsung sukses, meriah dan khidmat yang dipaket dengan santunan anak yatim dan ceramah agama yang disampaikan oleh Tgk. Ibnu Saddam dari Forum Da'i Aceh (Forda). 

Santunan puluhan anak yatim secara simbolis diserahkan oleh Wakil Ketua DPRK Aceh Utara Hendra Yuliansyah, S.Sos, SH, MAP, dari pihak Pelindo Lhokseumawe - Aceh Utara diwakili oleh Amrillah, dan dari pihak BFLF Lhokseumawe - Aceh Utara. 

Geuchik Gampong Keutapang LB Muntahar AR, A.Md, mengatakan, dengan adanya kegiatan MTQ ini mudah-mudahan anak-anak semua termotivasi dalam meningkatkan belajar tentang ilmu agama.

"Agama merupakan ilmu yang wajib untuk kita pelajari supaya terwujud nya masyarakat yang berakhlak dan sejahtera," kata Muntahar dalam sambutannya pada acara penutupan MTQ tersebut, Sabtu malam (15/04/2023). 

Ketua Panitia Tgk. Muhammad Khalid, SE mengatakan, peserta yang mengikuti sebanyak 114 orang yang berasal dari berbagai Gampong yang tersebar di Kecamatan Lhoksukon, Tanah Luas, Matangkuli dan Baktiya. 

Sedangkan yang di lombakan diantaranya cabang tilawatil qur'an, tahfiz 5 juz, syarhil qur'an, fahmil qur'an, hafalan do'a yaumiyya, lomba azan tingkat SD, lomba azan tingkat SMP, lomba ayat pendek, lomba pidato dan lomba surah al waqi'ah, serta lomba ratep ayon aneuk. (Murhaban)