LSM JARA, Harapkan Pemerintah Indonesia Bangun Mesium Rumoh Geudong

Adsense

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

LSM JARA, Harapkan Pemerintah Indonesia Bangun Mesium Rumoh Geudong

6/25/2023

Banda Aceh - Adanya kebijakan Pemerintah Aceh menjadikan tahun 2023 dirikan Sebuah Mesium yang Bersejarah di Reumoh Geudong karna dengan mendirikan Mesium ini generasi Aceh selanjutnya bisa mengingatkan sejarah sejarah Aceh yang terjadi di tahun sebelumnya. 

Rizki Maulizar Juru Bicara Jaringan Aspirasi Rakyat Aceh juga mengusulkan pembangunan tersebut dirikan Mesium Bersejarah khususnya, hal ini juga dapat berdampak positif bagi generasi masa depan Aceh dalam hal sejarah Aceh. 

Rizki Berharap kepada Pemerintah Aceh di lokasi tersebut museum yang dibangun nantinya dapat berbentuk replika Rumoh Geudong. Tujuannya, selain area di lokasi menjadi lebih terawat, juga dapat menjaga memorialisasi sejarah yang pernah terjadi di sana.

"Saya berpikir saran ini dari Jaringan Aspirasi Rakyat Aceh ini patut menjadi pertimbangan oleh pemerintah Aceh,” Kata Rizki Maulizar Jubir Jara Kepada Wartawan media ini, Sabtu (24/6/2023). 

Mesium ini lebih kepada kita mengingatkan gerasi Aceh, bahwa Pronvisi Aceh pernah mengalami Konflik begitu parah dan ini akan menjadi sejarah bagi generasi Aceh untuk tidak terulang lagi dan bagi Pemerintah Indonesia tidak terulang kembali, penindasan , kekerasan, pemerkosaan, penyiksaan sudah menjadi kelaziman yang di alami masyarakat Aceh ketika Aceh bergejolak. 

Seperti konflik di berbagai tempat yang di jadikan tempat penindasan bagi Masyarakat Aceh, di antaranya, Simpang KKA, Kabupaten Aceh Utara, Jambo Kupok, Kabupaten Aceh Selatan dan Rumoh Geudong, Kabupaten Pidie, kita mengharapkan kepada pemerintah Indonesia ketiga tempat ini bisa di bangun monumen bersejarah. 

Seperti Halnya di Rumoh Geudong bisa di bangun Mesium Rumoh Geudong, Masjid bersejarah yang mana nantinya para Ahli Waris korban bisa berdoa di. Setiap saat di masjid tersebut, adanya taman bermain anak, TPA dan ini akan menjadi loaksi Wisata Bersejarah di Provinsi Aceh, pungkas jubir dpp lsm jara. (Murhaban)