MTQ Ke 36 Kabupaten Bireuen Resmi Dibuka, 8 Cabang dan 24 Golongan Diperlombakan

Adsense

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

MTQ Ke 36 Kabupaten Bireuen Resmi Dibuka, 8 Cabang dan 24 Golongan Diperlombakan

6/18/2023



Peunawa.com | Bireuen - Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke 36 Tahun tingkat Kabupaten Bireuen resmi dibuka Pj Bupati Bireuen Aulia Sofyan,Ph.D di lapangan ruang terbuka hijau, Cot Gapu, Kota Juang, Bireuen pada Sabtu (17/6/2023) malam.

MTQ ke 36 Tahun diselenggarakan oleh Dinas Syariat Islam Kabupaten Bireuen dan didukung oleh beberapa Dinas terkait lainnya dengan mengusung tema "Bangkit dan maju bersama membangun generasi Qur'ani", kegiatan ini dimulai sejak sabtu malam, tanggal 17 - 24 Juni 2023.

Pj Bupati Bireuen Aulia Sofyan,Ph.D menuturkan pelaksanaan MTQ ini selain mengajak masyarakat untuk terus gemar meluangkan waktu membaca al-qur'an juga sebagai ajang mencari calon peserta yang akan mewakili Bireuen pada MTQ Provinsi mendatang.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Anwar,S.Ag.,MAP mengatakan kegiatan MTQ ke 36 Tahun 2023 merupakan kegiatan lanjutan dari MTQ tingkat Gampong, Kemukiman dan Kecamatan dalam Kabupaten Bireuen.

"Disamping untuk meningkatkan syiar pelaksanaan syariat islam, juga sebagai ajang seleksi calon peserta MTQ tingkat Provinsi Aceh yang akan digelar pada bulan oktober di Semeulu nantinya",ujar Anwar yang juga Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Bireuen.

Ada 8 Cabang MTQ dan 24 golongan yang diperlombakan dalam ajang MTQ tahun 2023 ini, dengan jumlah  614 peserta putra/putri. 

Cabang Tilawah dan Qiraah Shab’ah; 166 peserta, Cabang Tartir Qur’an; 34 peserta, cabang Hifzil Qur’an; 87 peserta dan cabang Tafsir Qur’an; 17 peserta.

Kemudian cabang Fahmil Qur’an; 32 group 96 peserta, cabang Syarhil Qur’an; 34 group 102 peserta, cabang Khattil Qur’an; 87 peserta serta cabang Karya Tulis Ilmiah Al-Quran (KTIQ); 25 peserta.

Sementara dua golongan perlombaan MTQ yang tidak ada peserta yaitu; Cacat Netra Putra dan Putri dan Hifzil Quran 30 juz putra.

Kegiatan MTQ dilaksanakan di 5 lokasi, lokasi Pertama di Ruang Terbuka Hijau (RTH) diperlombakan MTQ cabang Tilawah dan Qiraah Shab’ah jumlah 166 peserta, Lokasi kedua dilaksanakan di Masjid Agung Sultan Jeumpa  diperlombakan MTQ cabang Tartir, Hifzil dan Tafsir Quran jumlah 138 peserta.

Lokasi ke tiga di Meuligou Pendopo Bupati Bireuen diperlombakan MTQ cabang Syarhil jumlah 34 group dan  Fahmil Qura’an 32 group jumlah 198 peserta,lokasi ke empat di SMA Negeri 1 Bireuen akan diperlombakan MTQ cabang Khattil Qur’an jumlah 87 peserta dan lokasi ke lima di Kampus IAI Al Muslim akan diperlombakan MTQ cabang Karya Tulis Ilmiyah Al Qur’an (KTIQ) jumlah 25 peserta.

Untuk kelancaran pelaksaan MTQ seluruh peserta dan official mondok dirumah-rumah penduduk diseputaran Kota Bireuen, penentuan rumah dan lokasi mondok dipilih sendiri oleh para kafilah masing-masing kecamatan.

"Dewan Hakim yang terlibat dalam MTQ ini seluruhnya berjumlah 49 orang, dibagi sesuai keahliannya  masing-masing, berasal dari LPTQ Kabupaten Bireuen dan para professional mandiri lainnya",sebutnya.

Dewan hakim seluruhnya berasal dari dalam kabupaten bireuen dan pemondokan disediakan di penginapan gedung LPTQ Bireuen.

"Semoga pelaksanaan MTQ dapat memberikan  manfaat dan sumbangsih bagi peningkatan pembinaan qari qaruah, hafizh hafizhah, mufasir mufasiran, meningkatkan penghayatan dan pemahaman isi kandungan al qu'ran serta penulisan indah al qur'an",harap Anwar.

Hadir Unsur Forkopimda, Sekdakab Bireuen, Kepala SKPK dan Camat serta tamu undangan lainnya.(*)