Dilepas oleh Pj Bupati, Kafilah MTQ Aceh Utara Menuju Simeulu

Adsense

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Dilepas oleh Pj Bupati, Kafilah MTQ Aceh Utara Menuju Simeulu

11/26/2023

Lhoksukon - Kafilah peserta Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) dari Kabupaten Aceh Utara berangkat menuju Kabupaten Simeulu pada Kamis sore, 23 November 2023, guna mengikuti kegiatan MTQ ke-36 tingkat Provinsi Aceh.

Sebelumnya pada sore hari yang sama, kafilah dilepas secara resmi oleh Penjabat Bupati Aceh Utara Dr Mahyuzar, MSi, di Pendopo Bupati di Lhokseumawe. Perjalanan menuju Simeulu mengambil rute lewat jalan darat dari Lhokseumawe hingga ke Calang, Aceh Jaya. Kemudian dilanjutkan dengan pelayaran laut pada Jumat sore dengan KMP Aceh Hebat 1 dari pelabuhan Calang ke Sinabang Kabupaten Simeulu. Jika tidak ada kendala kafilah MTQ Aceh Utara akan tiba di Simeulu pada Sabtu pagi.

Plt Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Utara Hadaini, SSos, mengatakan kafilah Acceh Utara mengusung motto Tekad Berprestasi Menuju Kejayaan Qur’ani di Kabupaten Aceh Utara.

Pemkab Aceh Utara mengirim 55 orang peserta untuk mengikuti ajang MTQ ke-36 Provinsi Aceh tersebut. Mereka akan unjuk kebolehan pada sejumlah cabang MTQ, meliputi cabangTilawah, Qira’ah Saba’ah, Hifdzhil, Tafsir, Syarhil, Fahmil, Karya Tulis Ilmiah Qur’an (KTIQ), Dan Khattil Qur’an.

Selain para peserta, kafilah Aceh Utara juga didampingi Pelatih 15 orang, Official 8 orang, Pedamping cacat netra 2 orang, tenaga medis 3 orang, panitia 30 orang, dan sopir 6 orang.

Hadaini mengatakan  para peserta MTQ itu sebelumnya telah dipersiapkan dengan matang. Mereka telah mengikuti proses pemantapan melalui Pemusatan Latihan atau TC (Training Center) selama 7 hari dibagi dalam tiga tahapan, sebelum menuju ke Simeulu.

Dengan adanya proses pemantapan melalui TC diharapkan semua peserta bisa tampil lebih maksimal di arena MTQ nantinya.

Penjabat Bupati Aceh Utara Dr Mahyuzar, MSi, dalam arahannya saat melepas kafilah MTQ, mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi terhadap semangat seluruh peserta MTQ Aceh Utara yang berangkat ke Simeulu. 

Mahyuzar mengharapkan agar seluruh peserta MTQ Aceh Utara dapat menjaga kekompakan dan kebersamaan selama mengikuti MTQ ke-36 Provinsi Aceh. Yang penting juga agar seluruh peserta dapat menjaga kesehatan, jaga pola makan, jangan jajan sembarangan.

MTQ ke-36 tingkat Provinsi Aceh akan berlangsung di Kabupaten Simeulu pada 26 November s/d 2 Desember 2023. Kafilah Kabupaten Aceh Utara direncanakan menempati Pemondokan dengan menggunakan rumah penduduk di Jalan Teungku Umar Desa Air Dingin Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue.

Prosesi pemberangkatan kafilah MTQ Aceh Utara turut dihadiri oleh sejumlah Kepala OPD terkait, para Camat, para Kabag, dan para orang tua peserta MTQ. []