Murhaban Penyuluh KUA Paya Bakong Raih Juara II Naskah Terbaik Lomba Cerpen Nasional

Adsense

 

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Murhaban Penyuluh KUA Paya Bakong Raih Juara II Naskah Terbaik Lomba Cerpen Nasional

12/26/2023


Peunawa.com | Aceh Utara - Penyuluh Agama Islam (PAI) KUA Paya Bakong Kemenag Aceh Utara Tgk. Murhaban, SH, kembali mencatatkan prestasi tingkat nasional. Ia berhasil meraih juara Naskah Terbaik II lomba menulis Cerpen Event Nasional yanng diselenggarakan oleh Aulia Langit Publisher (ALP).

Perlombaan yang digelar sejak bulan November 2023 tersebut, setelah melewati seleksi ketat dan masa penilaian hingga diumumkan melaui online, pada Senin (25/12/2023).

Dalam ajang lomba menulis cerpen event nasional yang terbuka untuk umum tersebut, diikuti oleh para peserta dari berbagai wilayah yang ada di seluruh Indonesia.

Cerpen yang dikarang dan ditulis oleh Murhaban berjudul "Hikmah Dibalik Ujian dan Dahsyatnya Doa Orang Tua" mengisahkan tentang kehidupan, musibah, ujian atau cobaan dan hikmah yang diperoleh dibalik semuanya itu, serta betapa dahsyatnya do'a orang tua yang dapat menembus langit dan bumi.

Dikonfirmasi melalui pesan singkat, Murhaban yang juga Humas PW IPARI Aceh itu mengungkapkan berbagi ide sebagai motivasi terbesarnya dalam menulis. 

Menulis terutama termotivasi sembari terus belajar, serta ingin berbagi dan memberi dampak positif kepada diri sendiri, setidaknya juga pada orang lain. Setiap menghasilkan karya, Murhaban yang juga Bendahara PC Pergunu Aceh Utara menginginkan pembaca mendapatkan sesuatu dari karya itu.

Dilatari semangat itu pula pria berpeci yang juga Kabid Humas PC RTA Aceh Utara ini, menulis naskah cerpen tersebut untuk termotivasi dan membangkitkan semangat terutama untuk dirinya sendiri serta kepada para semua yang mungkin sedang menghadapi cobaan.

Dikatakannya, juga supaya kita semua bisa menghargai, menghormati setiap orang tua masing-masing, serta selalu memohon doa dan ridha darinya.

"Karena setiap manusia pasti pernah merasakan yang namanya ujian, cobaan hingga musibah yang semua itu tentunya datang dari Allah SWT. Manusia hidup itu memang ada masanya akan mengalami berbagai kesusahan dan penderitaan hidup, namun in sya Allah semua itu pasti ada hikmahnya dengan melewatinya dengan penuh kesabaran," lanjut Humas DPD BKPRMI Aceh Utara itu.

Lebih lanjut, Murhaban yang juga kader Nahdlatul Ulama itu mengutip seperti yang disampaiakan oleh Rasululullah Saw dalam Hadits riwayat Abdu bin Humaid di dalam Musnad-nya dengan nomor 636, Ad Durrah As Salafiyyah hal. 148.

"Dan ketahuilah, sesungguhnya kemenangan itu beriringan dengan kesabaran. Jalan keluar beriringan dengan kesukaran. Dan sesudah kesulitan itu akan datang kemudahan," tambah Pendiri Komunitas Pemuda Subuh (Kompas) Aceh Utara itu

Menurut pria yang dikenal aktif dan multi talenta juga Pengurus PWRI Aceh Utara itu, bahwa keberhasilan seseorang tentu tidak terlepas dari peran orang tua. Mulai dari pendidikan dan kebiasaan, semua terbentuk dari orang tua serta dengan berkat doa darinya.

"Bahkan dalam sebuah hadist bahwa doa orang tua bisa menembus langit, membawa keberkahan yang begitu banyak, dan sangat mudah sekali dikabulkan," imbuh Murhaban yang juga Sekretaris KNPI Kecamatan Lhoksukon.

Kepala KUA Kecamatan Paya Bakong Tgk. Andi Saputra, SHI mengapresiasi capaian Murhaban di ajang prestisius tersebut. 

“Saya ucapkan selamat dan sukses kepada Tgk Murhaban, beliau adalah merupakan salah satu Penyuluh Agama Islam yang aktif, bersemangat tinggi, multi talenta dan juga berprestasi," tuturnya. []