Berlangsung Meriah, MAN 2 Aceh Utara Sukses Gelar Haflah Khatmil Qur'an ke-1 Diwarnai Rasa Haru

Adsense

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Berlangsung Meriah, MAN 2 Aceh Utara Sukses Gelar Haflah Khatmil Qur'an ke-1 Diwarnai Rasa Haru

3/03/2024

MAN 2 Aceh Utara sukses melaksanakan Haflah Khatmil Quran Siswa Kelas XII Angkatan ke-1 yang berlangsung dengan meriah di Aula Kemenag Aceh Utara, Sabtu (02/03/2024).

LHOKSUKON, PEUNAWA.COM - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Aceh Utara sukses melaksanakan Haflah Khatmil Quran Siswa Kelas XII Angkatan ke-1 sebanyak 71 siswa, yang berlangsung dengan meriah di Aula Kemenag Aceh Utara, Sabtu (02/03/2024).

Turut hadir Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Aceh Utara yang diwakili Kasi Bimas Islam H. Asnawi, S.Ag., M.Sos, Kepala MAN 2 Aceh Utara Faisal, S.Ag., M.Pd, Ketua Komite Iskandar, S.Kom., M.SM, Pengawas Madrasah, Kepala KUA Lhoksukon Shaifuddin Fuady, S.Ag., MA, perwakilan dari Daarul Huffaz Aceh Yusniar, S.Pd dan Dewan Guru serta para wali siswa-siswi Kelas XII MAN 2 Aceh Utara.

Acara yang dipandu oleh MC ternama Murhaban, SH., C.PS peraih Nomine Penyuluh Agama Islam Kemenag RI tahun 2023 yang juga pernah didapuk sebagai MC ditingkat Nasional itu berlangsung sukses dan meriah diawali dengan persembahan tarian ranup lampuan oleh siswi MAN 2 Aceh Utara.

Dihadapan para tamu undangan dan wali murid, siswa kelas XII satu persatu juga melakukan testimoni tahfizul qur'an. Acara berlanjut dengan Muraja'ah Jam'i, Mars Tahfizul Qur'an serta lagu Terimakasih Guruku. Ini merupakan sesi puncak penuh haru bagi segenap hadirin.

Pantauan media ini, suasana yang begitu menyentuh emosional memaksa air mata orang tua wali siswa pun pecah, menyaksikan anaknya mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik. Prosesi penyerahan penghargaan dan penyematan slempang berjalan secara beriring-iringan.

Kemudian acara tersebut juga tampak meriah diisi dengan berbagai penampilan menarik sebagai hiburan oleh siswa dan siswi diantaranya drama dari Siswa Pramuka MAN 2 Aceh Utara, peranan drama yang dimainkan penuh sarat makna kehidupan, tarian kreasi Nirmala oleh Sanggar Seni Anuek Ban Keumang, puisi dan beat box.

Dijumpai usai acara, Kakankemenag Aceh Utata melalui Kasi Bimas Islam H. Asnawi menyempaikan apresiasi kepada MAN 2 Aceh Utara yang telah melaksanakan kegiatan Haflah Khatmil Qur'an.

"Kebetulan Bapak Kepala Kantor meminta saya untuk menghadiri kegiatan ini, jadi atas nama Kepala Kantor Kementerian Agama Aceh Utara, kami sangat mengapresiasi kegiatan Haflah Khatmil Qur'an MAN 2 Aceh Utara, tentunya ini sangat luar biasa, karena Madrasah yang bukan Boarding School artinya yang tidak menginap tapi mampu melahirkan siswa-siswi penghafal Al Qur'an," katanya.

Dikatakannya, MAN 2 Aceh Utara ini adalah merupakan MAN non Boarding School perdana yang melakulan prgram Haflah Khatmil Quran di Kabupaten Aceh Utara. 

"Kita berharap program ini juga menjadi contoh bagi Madrasah Aliyah lainnya yang ada di Aceh Utara. Karena memang program tahfiz ini merupakan program yang sangat bagus dan sangat istimewa. Kami kira ke depan khususnya dari Bimas Islam akan memberikan pendampingan khusus melalui Penyuluh Agama Islam," imbuhnya.

Sementara Kepala MAN 2 Aceh Utara, Faisal mengatakan bahwa acara Haflah Khatmil Qur'an yang digelar itu merupakan program Hafiz Al Quran yang telah dilaksanakan sejak 3 tahun yang lalu bekerjasama dengan Daarul Huffaz Aceh. Ia berharap minimal semua siswa MAN 2 Aceh Utara itu dapat menghafal minimal 1 juz

"Namun kita lihat pada hari ini setelah mereka dibina dan di didik selama 3 tahun itu ada yang 1 juz, 2 juz, 3 juz, 5 juz bahkan ada satu orang itu sampai dengan 17 juz. Jadi saya lihat manfaatnya itu sangat berarti, lebih dari yang kita harapkan," ucapnya penuh haru.

Selain itu, Faisal juga mengatakan bahwa banyak program lainnya yang telah digagas oleh MAN 2 Aceh Utara, diantaranya program keterampilan menjahit, program teknisi komputer, olahraga, kepramukaan dan lain-lain dengan tujuan dapat menunjang proses belajar mengajar dalam kegiatan ekstrakurikuler. Disebutkannya, semua program ini sudah berjalan di semua tingkatan baik kelas 1 kelas 2 maupun kelas 3.

Faisal juga menyampaikan bahwa MAN 2 Aceh Utara kini telah membuka untuk penerimaan siswa-siswi baru. Ia berharap dengan adanya program Tahfiz Alquran, dan sejumlah program unggulan lainnya itu, MAN 2 Aceh Utara menjadi pilihan dan diminati oleh siswa-siwi baru serta masyarakat untuk menyekolahkan putra-putrinya.

"Mungkin untuk tahun ajaran baru ini, kami hanya menargetkan dan menerima 150 siswa-siswi untuk menempati 5 kelas," tuturnya.

Adapun Ketua Komite MAN 2 Aceh Utara Iskandar mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh MAN 2 Aceh Utara. Selaku Ketua Komite dirinya sangat mendukung kegitan dan sejumlan program unggulan yang ada di Madrasah Aliyah tersebut.

"Kami sangat mendukung, dan juga ini sebuah program yang mungkin dapat menjadi contoh bagi Madrasah-Madrasah lainnya, bahkan bukan hanya Madrasah tapi disemua tingkatan sekolah yang ada di Aceh Utara," ucapnya.

Dikatakan lebih lanjut, bahwa pihaknya siap membantu beasiswa bagi siswa-siwi yang mau melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi atau sarjana.

Lanjutnya, seperti tahun kemarin ada 4 orang yang telah diprioritaskan untuk mendapatkan Bidikmisi dan tahun ini mungkin sudah 8 orang yang melamar. Saya akan prioritaskan untuk mendapatkan Bidikmisi full bagi siswa-siswi lulusan MAN 2 Aceh Utara yang mau melanjutkan pendidikan ke Universitas Bumi Persada. 

"Alhamdulillah saya selain sebagai Komite di MAN ini, juga Dosen di kampus Universitas Bumi Persada Lhokseumawe, saya siap memfasilitasi siswa-siswi yang mau melangkah menjadi mahasiswa," tutur Iskandar. (Murhaban)