Kepala dinas Pendidikan Dayah Bireuen Buka Festival Gema Muharram


-->

Iklan Utama

Kepala dinas Pendidikan Dayah Bireuen Buka Festival Gema Muharram

_Pimred
Sabtu, 28 Agustus 2021

Bireuen l Peunawa.com - Dayah Babussalam Al Aziziyah Jeunieb Pimpinan Tgk H Muhammad Yusuf A Wahab kembali menggelar festival lomba antar santri yang bertajuk "Gema Muharram 1443 H Dayah Babussalam Al Aziziyah" pada Sabtu, (28/08/2021) malam.

Gema Muharram tersbut secara resmi dibuka oleh Kadis Pendidikan Dayah Kabupaten Bireuen bapak Muhammad Dhiah, S.Ag diiringi dengan tabuh rapai. turut hadir Kepala Kemenag Kabupaten Bireuen bapak Drs. H Zulkifli Idris, M.Pd, Kabid Pembinaan dan Pendidikan Dayah Jonisaf, SE, Camat Jeunieb Yusri, S.HI serta unsur Muspika lainnya.

Mudir Dayah Babussalam Al Aziziyah Tgk Ihsan Muhammad Jafar disela-sela acara berlangsung menyebut festival lomba Muharram merupakan kegiatan pengembangan kreativitas dan semangat aktivitas belajar santri di setiap event rutin tahunan setelah ujian akhir semester. Gema Muharram ini akan diikuti oleh santri salafi dan santri Boording SD IT Assalam, SMP IT Assalam dan SMA IT Assalam, para santri tersebut berasal dari 23 Kabupaten/Kota di Aceh, Sumatera Utara dan Malaysia. 
Ihsan menjelaskan sejumlah agenda lomba yang digelar di antaranya lomba qira'atul kutub (baca kitab) dengan kategori penilaiannya meliputi penempatan baris yang sesuai ilmu nahu dan saraf, makna/terjemahan, surah atau penjelasan materi dan isykal (menjawab pertanyaan dewan hakim).

Adapun baca kitab yang diperlombakan yaitu kitab Al Mahalli, I'nathut thalibin, Al Bajuri dan Matan Taqrib, rincinya. 
Selain itu panitia juga memperlombakan lomba hafalan yaitu hafalan Beit Al Fiyah, Baet Sulam Munaurat (mantiq) Baet Qamsatun Mutun dan Matan Al jurumiah, lomba pidato tingkat tsanawiyah dan aliyah.
Kemudian, lomba Fahmil Kutub (cerdas cermat) serta lomba nasyid grup maupun tunggal (umum) dan terakhir lomba Hafiz 1 Juz Al Qur'an (umum).