Dinas Kesehatan Aceh Besar dan Puskesmas Peringati Hari Kesehatan Nasional ke-57


-->

Iklan Utama

Dinas Kesehatan Aceh Besar dan Puskesmas Peringati Hari Kesehatan Nasional ke-57

_Pimred
Sabtu, 13 November 2021

Peunawa.com l Aceh Besar - Peringati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 Tahun 2021 diselenggarakan berdasarkan Panduan Pelaksanaan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 57 Tahun 2021 yang ditetapkan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia dengan Tema “SEHAT NEGERIKU TUMBUH INDONESIAKU”.

Pelaksanaan HKN ke-57 Tahun 2021 ini kita laksanakan dalam 3 tahap, untuk tahap pertama yaitu Kegiatan Pengabdian Masyarakat melalui Bakti Sosial Pelayanan Kesehatan Masyarakat di Daerah Terpencil Pulo Aceh yang dilaksakan pada tanggal 8 Nopember sd 10 Nopember 2021 bersama Dinas Kesehatan Provinsi Aceh dengan membawa beberapa dokter spesialis.

Kegiatan dipusatkan di Desa Alue Riyeung (Pulo Nasi) dan Desa Gugop (Pulo Breuh), Alhamdulillah sudah terlaksana dengan baik dan lancar. Selain pemberian pelayanan Kesehatan dasar dan spesialis kami juga membagikan beberapa paket makanan (PMT) dan susu buat balita dan ibu menyusui, paket ibu hamil dan lansia , perlengkapan Higyene sanitasi dan perlengkapan menggosok gigi buat anak sekolah. ujar Anita selaku kadis Kesehatan Aceh Besar kepada Media, Sabtu (13/11).

Pun demikian, Hari ini merupakan tahap kedua dari peringatan HKN ke-57 yang selenggarakan di Kecamatan Mesjid Raya. Pada kali ini kami akan melakukan pengabdian masyarakat bersama dengan Rumah Sakit Umum Daerah, organisasi profesi dan pada kader Kesehatan, Tambahnya lagi.

Adapun rangkaian acara antara lain: Pengobatan Massal  dipusatkan di LPMP Pelaksanaan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Aceh Besar, Sosialisasi Sikat Gigi Bagi Anak Sekolah dipusatkan di SD Neuhen, pelaksana Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Aceh Besar, Sunatan Massal dipusatkan di LPMP, pelaksana oleh Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia  (IAKMI) Aceh Besar.
Selain itu, tahap ini juga melakukan penyuluhan orang dengan gangguan Jiwa (ODGJ), pelaksana Persatuan Perawat nasional Indonesia (PPNI) Aceh Besar, kemudian Gotong royong membersihkan masjid oleh Organisasi Kesehatan Lingkungan Aceh Besar, Pemberian sembako bagi ibu hamil kurang mampu, Santunan anak yatim, Lomba CTPS untuk siswa SD dan wali kelas, Lomba PMT serta perlombaan Lainnya, Ujar Ketua Panitia.
Tahap ketiga, Senin 15 November 2021 akan dilaksanakan Upacara peringatan HKN ke-57 yang dipusatkan di Halaman Kantor Bupati Aceh Besar di Kota Jantho, dengan agenda, Upacara bendera, Pemberian penghargaan kepada Tim vaksinasi terbaik, dan Pejuang Covid-19, Gerakan Makan Buah Bersama (Germas), Pemeriksaan (Screening) Kesehatan, Pojok Griya Sehat, Pelayanan Kesehatan Tradisional, serta Gerai vaksinasi.

Pada HKN ke 57 tahun ini pihak RSUD Aceh Besar juga akan mengadakan Seminar ilmiah terkait dengan permasalahan Kesehatan secara online. 

Kegiatan ini dengan harapan dapat terlaksana dengan lancar dan dapat meningkatkan semangat bagi petugas kesehatan dan meningkatkan upaya pelayanan kesehatan yang lebih baik bagi seluruh masyarakat Aceh Besar, sesuai dengan Motto HKN ke 57 Tahun 2021 ”SEHAT NEGRIKU TUMBUH INDONESIAKU”.

Asisten I pemkab Aceh Besar Abdullah, S.Sos yang mewakil Bupati Aceh Besar pada acara HKN ini juga turut memberikan Apresiasi dan perhatian penuh terhadap kegiatan berlangsung.

 Ia juga menjelaskan bahwa Hari Kesehatan Nasional merupakan hari istimewa bagi semua insan yang berkecimpung di dalam pelayanan Kesehatan dan setiap tanggal 12 November diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional (HKN), tuturnya.

Lima puluh tujuh tahun bukanlah usia yang singkat. Banyak pencapaian pembangunan kesehatan yang sudah diraih, namun saat ini dan ke depannya masih banyak kendala dan tantangan yang perlu kita hadapi bersama, berkolaborasi secara profesional yang dilandasi moral tetap harus kita kedepankan terutama dalam menghadapi pandemi COVID-19 seperti yang kita alami saat ini, Tambah Asisten I dalam sambutan pembukaan acara.

Sebagaimana kita ketahui, pandemi COVID-19 merupakan krisis kesehatan global dengan lebih dari 200 juta kasus dan 4,7 juta kematian yang dikonfirmasi dilaporkan terjadi di 225 negara hingga awal Oktober 2021.

Pelaksanaan peringatan HKN ke-57 merupakan momentum untuk kita bersyukur karena Indonesia menjadi salah satu negara yang berhasil menurunkan lonjakan kasus COVID-19 yang disebabkan adanya mutasi virus. Capaian penurunan kasus COVID-19 di  Aceh Besar saat ini sebaiknya tetap membuat kita waspada. Apalagi penyebaran virus Corona dimana memunculkan banyak varian yang tidak bisa diprediksi. 

"Oleh karenanya, dibutuhkan kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan di setiap kegiatan dan peningkatan kapasitas 3T (testing, tracing, dan treatment), serta pelaksanaan vaksinasi COVID-19."

Pada kesempatan ini juga kami mengucapkan terimakasih atas kerja keras serta dedikasi Kepala Dinas Kesehatan Aceh Besar, Seluruh Kepala Puskesmas dan seluruh Tenaga Kesehatan Aceh Besar yang terus bekerja untuk penanganan Covid-19 serta upaya pencegahan melalui vaksinasi mulai dari anak sekolah, dewasa dan para lansia.

Sehingga, Bupati Aceh Besar Ir. Mawardi Ali merupakan satu-satunya Kepala daerah dari Aceh yang menerima Penghargaan bergengsi sebagai Kepala Daerah Inovatif (KDI) Tahun 2021 pada kategori Kesehatan, menyangkut penanganan Covid-19 dengan sangat gencar melaksanakan vaksinasi bagi masyarakat maupun anak2anak didik untuk mencegah dan mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Dengan mengangkat tema “SEHAT NEGERIKU, TUMBUH INDONESIAKU” diharapkan menjadi penyemangat bagi pelaku pembangunan Kesehatan termasuk masyarakat umum dan khususnya para penggiat sektor kesehatan untuk terus bangkit dari kondisi pandemi COVID-19 agar Aceh Besar Bangkit dan tumbuh.

"Semoga peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-57 ini menjadi awal pulihnya berbagai sektor di masyarakat sehingga Indonesia bisa Kembali Sehat dan Kembali Tumbuh." Sebut Abdullah.

Dirinya juga berharap rangkaian kegiatan dalam peringatan HKN ini dapat menguatkan kepatuhan kita menerapkan protokol kesehatan di setiap kegiatan, meningkatkan target vaksinasi COVID-19, membangkitkan semangat dan optimisme seluruh komponen masyarakat untuk ikut bergotong royong dalam menyelesaikan pandemi COVID-19 dan memberikan apresiasi kepada para pihak yang telah memajukan pembangunan bidang kesehatan.

Peringatan HKN ke-57 di tahun 2021 ini dapat kita jadikan sebagai momentum untuk kembali mengedukasi, mengubah perilaku, meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi COVID-19, serta memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penanganan COVID-19. 

Masih Sekda, Selain itu juga mendorong penguatan Fasyankes dalam upaya kesehatan promotif dan preventif. Sehingga seluruh komponen masyarakat dapat kembali produktif di era adaptasi kebiasaan baru, Demikian tutup Abdullah S.Sos Selaku Asisten 1 Pemkab Aceh Besar.

Turut hadir dalam acara ini diantaranya, Sekretaris Dinas Kesehatan Aceh Ferdiyus, SKM, M.Kes, Ketua PPPNI Aceh Dr. Ibrahim Laweung, SKM, MSc, Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi Aceh Besar Abubakar, S.Ag, Para Kapus Se Aceh Besar, Ketua Profesi Kesehatan Se Aceh Besar Dan tamu undangan lainnya. (*).