Lima Pembicara Kunci Isi Seminar Internasional ICATES 4 Teknik Pertanian USK


Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Lima Pembicara Kunci Isi Seminar Internasional ICATES 4 Teknik Pertanian USK

10/08/22


Peunawa.com
Banda aceh_Pertemuan ilmiah bertaraf antarbangsa International Conference on Agricultural Technology, Engineering, and Environmental Sciences  (ICATES) Teknik Pertanian USK kembali digelar. Pertemuan kali ke empat tahun 2022 ini mengusung tema “Agricultural and environmental engineering for food, water, and energy security through innovations and disseminations”.
 
Kegiatan yang diselenggarakan secara kolaboratif dengan Universiti Malaysia Pahang dan Universiti Teknologi MARA, Malaysia ini menghadirkan 5 (lima) pembicara kunci (keynote speaker), yakni: Prof. Dr. Elke Pawelzik dari Universitaet Goettingen , Jerman, Asst. Prof. Dr. Ravipat Lapcharoensuk dari King Mongkut’s Institute of Technology Ladkrabang, Thailand, Prof. Ari Purbayanto, PhD dari IPB University, Indonesia, Dr. Siti Hasnah Kamarudin dari University Teknologi MARA, Malaysia, dan Assoc. Prof. Ts. Dr. Zahrah Yahya, Kolej Universiti Poly-Tech MARA, Malaysia.

Menurut Ketua Panitia (Chairman), Dr. T. Ferijal, S.TP., M.Sc didampingi Wakil Ketua Panitia (Co Chairman), Dr. Muhammad Yasar, S.TP., M.Sc., pelaksanaan ICATES 4 ini masih diselenggarakan secara virtual menggunakan media Zoom sama dengan tahun lalu. Hal ini disebabkan belum adanya kepastian situasi pandemic pada saat pembentukan kepanitiaannya. Kita berharap tahun depan kita dapat menggelar acara ini secara langsung sebagaimana pelaksanaan pada tahun pertama.

Ferizal menyebutkan bahwa animo peserta ICATES semakin meningkat dari tahun ke tahun. Kali ini terdapat 13 negara turut mengambil bagian yakni: Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, India, Jepang, Camerun, Sri Langka, Ghana, Chezhia, Nigeria, Rusia, dan Jerman. Makalah yang diterima panitia mencapai 135 paper dan akan diterbitkan dalam prosiding IOP yang terindex scopus.

Para pembicara kunci diundang berdasarkan bidang keilmuwan yang berbeda dan diyakini mampu mengakomodir tema yang diusung, jelas Feri. Sesi Keynote Speaker ini dibagi dalam 3 sesi dimana sesi pertama diisi oleh  Prof. Ravivat dari Thailand dan Dr. Siti Hasnah dari Malaysia. Sesi perdana ini dipandu oleh moderator Assoc. Prof. Rahmadhansyah Putra dari Universiti Malaysia Pahang.

Sesi kedua diisi oleh Prof. Ari Purbayanto yang merupakan Direktur Eksekutif BAN PT dan Assoc. Prof. Zahrah Yahya yang merupakan Wakil Rektor Bidang Akademik Kolej Universiti Poly-Tech MARA Malaysia. Sesi ini dipandu oleh akademisi Universitas Syiah Kuala, Prof. Dr. Ir. Rina Sriwati, M.Si. Sementara Prof. Dr. Elke Pawelzik dari Jerman mengisi ketiga dengan dipandu oleh Dr. rer.nat Shahril Anuar Bahari dari Universiti Teknologi Mara, Malaysia.

Paska sesi keynote speaker, kegiatan seminar internasional ini dilanjutkan dengan sesi presentasi oleh para presenter. Kegiatan presentasi ini berlangsung dalam sembilan kelas parallel yang masing-masing dipandu oleh para moderator yang terdiri-dari: Dr. Ir. Syahrul, M.Sc, Dr. Rita Khatir, S.TP., M.Sc, Mustaqimah, S.TP., M.Sc, Prof. Ngien Su Kong, Dr. Fachrul Razi, Dr. Doh Shu Ing, Dr. Rahmah Hayati, Dr. Sayed Mahdi dan Dr. Safrizal.(*)