Bappeda Bireuen Gelar Sosialisasi Tatacara Penyusunan Program Bersumber Dari APBN

Adsense

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Bappeda Bireuen Gelar Sosialisasi Tatacara Penyusunan Program Bersumber Dari APBN

3/07/2023

Peunawa.com l Bireuen - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bireuen melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) setempat, melaksanakan kegiatan sosialisasi tata cara penyusunan usulan program dan kegiatan yang bersumber dari APBN.


Prosesi pembukaan sosialisasi itu berlangsung di Aula Setdakab Lama Bireuen, Senin pagi (6/3/2023), dihadiri Penjabat (Pj) Bupati Bireuen, Aulia Sofyan Ph.D.


Pada kesempatan itu, Pj Bupati Bireuen, Aulia Sofyan berharap dengan adanya kegiatan ini ke depan Dana Alokasi Khusus (DAK) bisa lebih meningkat.


“Sebagaimana kita ketahui bahwa, DAK Bireuen masih terbatas,” ujarnya.


Disampaikan, kepada SKPK di lingkungan Pemkab Bireuen, supaya dapat mengusulkan program yang dapat dibiayai dengan APBN dan kegiatan lainnya.


Kepada Dinas Penanaman Modal, Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) juga untuk mengusulkan anggaran yang dibutuhkan untuk merealisasikan program dibutuhkan yang juga dibiayai melalui APBN.


Selain itu, dinas terkait juga mengusulkan anggaran untuk lanjutan pembangunan gedung DPRK Bireuen yang sudah terlantar.


Dengan harapan, mudah-mudahan sosialisasi ini dapat bermanfaat bagi para peserta terhadap Tata Cara Penyusunan Usulan Program dan Kegiatan yang Bersumber dari APBN.


“Kepada seluruh peserta semoga kegiatan ini dapat menjadi forum yang baik dan memberikan wacana yang baru dalam meningkatkan kapasitas dan kemampuan sebagai aparatur penyelenggara negara,” harap Pj Bupati Bireuen.


Ditempat yang sama Kepala Bappeda Bireuen, Bob Mizwar SSTP, MSi, kepada Kabar Bireuen mengatakan, sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan ASN dalam melakukan penyusunan program dan kegiatan.


“Sehingga dapat meningkatkan sumber-sumber pendanaan pembangunan daerah,” jelas Bob Mizwar.


Disebutkan, kegiatan berlangsung selama dua hari (6-7/3/2023) di Aula Setdakab Lama Bireuen, peserta berjumlah 120 orang, terdiri dari unsur SKPK, Badan dan Kantor di Lingkungan Pemkab Bireuen.


“Adapun narasumber dalam kegiatan sosialisasi ini, yaitu.dari Dirjen Bangda Kemendagri yang diwakili oleh Didi Untung Wijayadi, SH,” ujar Kepala Bappeda Bireuen.


Kegiatan turut dihadiri, antara lain Ketua DPRK Bireuen, Rusyidi Mukhtar, S.Sos. Sekretaris Daerah Bireuen, Ir. Ibrahim Ahmad, M.Si, sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Administrator di Lingkungan Pemkab Bireuen dan undangan lainnya,(Rilis)