Drs. H. Hamdani A Jalil, MA Bakar Semangat 117 Wisudawan Bazla Institut

Adsense

 

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Drs. H. Hamdani A Jalil, MA Bakar Semangat 117 Wisudawan Bazla Institut

4/24/2023

Aceh Utara - “Saya ingin ucapkan selamat kepada seluruh adik-adik, anak-anak kami para wisudawan dari Bazla Institut yang kami banggakan. Jangan pernah takut bermimpi, jangan pernah takut gagal, jangan menyerah. Tantangan di depan masih banyak, hadapi dan teruslah berjuang. Orang sukses tidak dilahirkan dengan kemudahan dan kesenangan, tapi mereka dibentuk melalui kesukaran, tantangan dan air mata.”ujar Kasi PD Pontren Kankemenag Aceh Utara Drs. H. Hamdani A Jalil, MA. 

Ucapan itu sontak langsung menghasilkan tepuk tangan dari para 117 wisudawan Bazla Institut serta para orang tua dari wali santri yang berhadir pada acara wisuda Bazla Institut angkatan ke 3 dari program "Spesial Ramadhan 1444 H / 2023 M" yang digelar di markaz Bazla Institut, Rayeuk Kuta, Tanah Luas, Aceh Utara, Jum'at malam (21/04/2023).

“Jadilah petarung kehidupan yang tidak kenal menyerah wahai adik adikku semua. Tetaplah menjadi anak yang bisa diandalkan, anak yang membanggakan. Jadikanlah orangtua dan para guru sebagai motivasi terbaik guna mencapai kesuksesan,” motivasi dari H. Hamdani A Jalil. 

Mewakili Kakankemenag Aceh Utara, Drs. H. Hamdani A Jalil, MA yang juga merupakan salah satu dari anggota MPU Aceh Utara secara khusus diundang oleh Direktur Bazla Institut untuk memberikan sambutan sekaligus mewisudakan para wisudawan Bazla Institut yang sedang melaksanakan prosesi wisuda di tahun 2023 ini. 

Dalam sambutannya, Dewan Pakar Pergunu Aceh Utara itu banyak memberikan motivasi dan berharap semoga santri Bazla Institut semakin sukses dan selalu bersemangat dalam menuntut ilmu.

"Money lost-nothing lost, Health lost-little lost, Spirit lost-everything lost. Uang hilang tiada yang hilang, Kesehatan hilang sedikit kehilangan, Semanagat hilang seluruh hilang" ucap Ketua MAA Kecamatan Tanah Luas yang akrab disapa Ust. Hamdani.

Selain itu, dihadapan ratusan wisudawan dan para wali santri, Ust. Hamdani juga mengutip dua ayat al qur'an tentang bagaimana pendidikan itu penting, bagi anak anak sebagai generasi kedepan. 

"Yang pertama adalah sebagaimana yang dibuka tadi dengan surat Al - 'Alaq, dimana ayat pertama اِقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِيْ خَلَقَۚ," ujar H. Hamdani saat memberi kata sambutan. 

Menurutnya, kalimat اِقْرَأْ disini bukan hanya belajar untuk diri sendiri, akan tetapi juga bagaimana kita harus bisa mengajari orang lain, didalam surat Iqra' tersebut Allah SWT memerintahkan kepada kita semua, kita dituntut untuk belajar dan juga kita harus mampu mengajari orang lain. 

"Sebagaimana yang dilakukan oleh adik-adik kita, anak-anak kita yang luar biasa dari Bazla Institut ini, yang belajar untuk diri sendiri dan juga mengajar orang lain," imbuhnya. 

Lanjut H. Hamdani, yang kedua kita wajib memproyeksikan anak anak kita sebagai generasi penerus yang berkualitas. 

"Hendaklah kamu takut meninggalkan anak-anak kamu dalam keadaan lemah," sambungnya dengan mengutip QS. An-Nisa' Ayat 9.

Ia menjelaskan, bahwa lemah disini mengandung makna yang sangat banyak dan luas sekali, baik lemah imannya, lemah ilmu pengetahuannya, bahkan lemah segalanya. 

"Oleh karena itu, kita sebagai orang tuanya mari kita menjaga dan memproyeksi anak-anak kita, agar anak-anak kita ini seketika kita kembali kepada Allah, mereka sudah dalam posisi yang kuat," ajak H. Hamdani. 

Acara tersebut, turut dihadiri oleh Tenaga Ahli Bupati Aceh Utara Ir. Muhammad Hatta, S.ST., MT, Ketua Pergunu Aceh Utara Ismunazar, SE., MM, Ketua IPAU Banda Aceh Tgk. Rifki Ismail, S.Ag, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Adapun rangkaian acara wisuda yang disusun semenarik mungkin ini, dipandu oleh dua MC dalam tiga bahasa, serta diiringi dengan berbagai penampilan menarik bakat santri, mulai dari takbiran, rapai, poh kipah, paduan suara, drama bahasa arab, drama bahasa inggris, syarhil quran dan berbagai penampilan lainnya.

Selain itu, kepada wisudawan/wisudawati santri Bazla Institut juga diberikan sertifikat dan oleh-oleh tumbler bazla dari CV. Bazla Group.

Acara tersebut berlangsung dengan sukses, meriah dan khidmat, serta ditutup dengan suasana haru saat lantunan pembacaan doa yang di iringi artinya dalam bahasa Indonesia oleh dua santri Bazla Institut. (Murhaban)