Sekjen Nadhlatul Ulama Bireuen raih gelar Doktor


-->

Iklan Utama

Iklan berjalan

Sekjen Nadhlatul Ulama Bireuen raih gelar Doktor

_Pimred
Sabtu, 31 Juli 2021

Bireuen l Peunawa.com - Tgk Musbani M. Basyah Saidi, mahasiswa Pascasarjana UIN Ar-Raniry, Program Studi Pendidikan Agama Islam, meraih gelar doktor, setelah berhasil mempertahankan disertasinya berjudul “Inovasi Metode Pembelajaran Agama pada Dayah Salafi di Kabupaten Bireuen” pada sidang terbuka promosi doktor di Aula Lantai III Pascasarjana UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, Jumat (30/7/2021).

Dalam paparannya di hadapan tim penguji, Musbani menyebutkan, berdasarkan hasil penelitian, adanya inovasi metode dalam pembelajaran tauhid, fiqih dan tasawuf pada dayah salafi di Kabupaten Bireuen.

Adapun implikasi inovasi metode pembelajaran dari penelitian ini, menurut Musbani, bagi santri secara umum mampu memberikan nilai tambah dalam peningkatan motivasi belajar, tingkat keaktifan santri, serta mengasah pola dan proses berpikir secara mendalam dan lebih tepat.

“Sehingga, mampu memberikan peningkatan prestasi santri dalam mendalami ilmu agama pada dayah salafi di Kabupaten Bireuen,” sebut Musbani.

Sementara bagi dewan guru, katanya, mampu menyusun langkah-langkah pembelajaran dengan konsep yang baik dan tepat dalam menemukan, menggunakan metode dalam proses belajar mengajar.

“Adapun novelty dari penelitian ini yaitu lahirnya rumusan inovasi metode pembelajaran tauhid, fiqih dan tasawuf berdasarkan karakteristik materi dan bahan ajar di dayah salafi,” jelas Musbani.

Dengan telah mendapatkan promosi tersebut, kini Musbani pun berhak menyandang gelar doktor.(*)