Mahasiswa KKN PPM Unimal Kelompok 30 Buat Apotik Hidup di SDN 4 Dewantara


-->

Iklan Utama

Mahasiswa KKN PPM Unimal Kelompok 30 Buat Apotik Hidup di SDN 4 Dewantara

Minggu, 21 November 2021



Peunawa.com | LHOKSUKOEN - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata -Pembelajaran Pemberdayaan Manusia (KKN-PPM)  Universitas Malikussaleh kelompok 030 membuat Apotik Hidup di pekarangan Sekolah Dasar (SD) Negeri 4 Dewantara,Kecamatan  Dewantara, Aceh Utara pada Sabtu (20/11/2021).

Misnatul Aulia, anggota KKN kelompok 30 dari prodi administrasi publik mengungkapkan bahwa penanaman Apotik Hidup sebagai program kerja mahasiswa yang dilatarbelakangi banyaknya generasi muda kurang mengetahui tentang manfaat tanaman herbal. 

"Saat mahasiswa KKN melakukan kunjungan ke SDN 4 Dewantara terlihat lahan kosong di sekitar SD dan kami berinisiatif untuk memanfaatkan lahan tersebut untuk menanam apotik hidup,"Imbuh Rifki ketua Kelompok.

Tambah Juliana dari prodi Akuakultur, jenis tanaman yang dibudidayakan dalam Apotik Hidup ini berupa tanaman obat-obatan seperti daun jarak, sereh, lengkuas, kunyit, daun pandan, lidah buaya dan daun sirih.

Sementara Ramli S.Pd, Kepala SDN 4 Dewantara sangat mendukung kegiatan yang dilakukan mahasiswa KKN tersebut.

“Saya sangat senang dengan kegiatan program kerja yang dilaksanakan mahasiswa KKN-PPM Kel 30 di SDN 4 Dewantara ini. Selain bisa memanfaatkan lahan kosong, siswa kami juga mendapat edukasi tentang manfaat dari tanaman apotik hidup "Ungkap Ramli,S.Pd.

Devi Andriyani,S.P., M.Si selaku dosen pendamping lapangan selalu memotivasi mahasiswanya untuk membuka mata dan hati agar apa yang dibutuhkan masyarakat dapat dibantu dengan berbagai proker saat KKN. 

"Alhamdulillah proker ini salah satu wujud kepedulian mahasiswa terhadap kebutuhan masyarakat," imbuhnya.

Adapun Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok 030 yaitu Rifky Naufal Jurusan Teknik Sipil, Arif Rahman Teknik Sipil, Noor Hana Salsabila Teknik Sipil, Dian Safitri Teknik Sipil, Afita Administrasi Publik, Nilna Arza Rahmatika Administrasi Publik, Lia Nabela Administrasi Publik, Nur Kumala Sari Administrasi Publik, Misnatul Aulia Administrasi Publik, Juliana Akuakultur,  Mereka semua di bawah bimbingan, Devi Andriyani, S.P., M.Si. [arif]