Selamat Hari Ibu, Sosok Perempuan Tangguh yang Menginspirasi Hidupku


-->

Iklan Utama

Selamat Hari Ibu, Sosok Perempuan Tangguh yang Menginspirasi Hidupku

Rabu, 22 Desember 2021

Penulis: Moulidia
Peunawa.com l Berbicara mengenai perempuan memang tidak ada habisnya, banyak keunikan yang tersimpan dalam sosok perempuan, baik yang nampak maupun tidak. Bagaimana tidak makhluk lembut yang sengaja Tuhan ciptakan ini mendalami peran yang sangat unik di dunia.

Dunia terasa hampa tanpa perempuan, buktinya Nabi Adam meminta teman untuk menemaninya di surga bahkan sebuah negara mengakuinya dengan kalimat “Baiknya suatu negara jika perempuannya ikut baik, namun sebaliknya”.

Kodrat perempuan yang diciptakan lemah lembut atas perasaannya mempunyai makna tersendiri. Sosok yang akan membawakan keteduhan, kedamaian di dalam rumah dan menjadi tempat ketenangan bagi orang-orang disekelilingnya. Begitulah Maha Adil Tuhan dalam menciptakan sosok makhluk yang lembut sering disebut “Perempuan”.

Mengenai perempuan yang menginspirasi, banyak sekali kini perempuan-perempuan hebat yang menginspirasi dari berbagai latar belakang yang dimilikinya. Perempuan-perempuan yang berkompetisi dengan pemikiran-pemikirannya mendobrak cakrawala dunia yang mengatakan bahwa perempuan lemah dan tak pernah dilibatkan.

Kini dengan semakin majunya perkembangan zaman maka semakin beda perlakuan dunia kepada penduduknya. Perempuan sudah lebih dikenal dan dianggap posisinya kini, banyak yang diminta pendapatnya, bahkan tidak jarang menjadi inspirasi dunia bahkan pemuda pemudi dunia. Begitu juga yang terjadi di negara Indonesia, kaum perempuan yang menjadi inspirasi banyak orang dengan penilian dari pemikirannya, sifatnya bahkan tutur katanya. Namun dari hal itu belum membuat sistem patriaki yang membudaya itu hilang.

Walaupun banyak suara kaum perempuan yang sudah didengar, sisitem patriaki tetap saja ada, yang mendeskriminasi pihak perempuan dan hal ini masih sering terjadi di kota-kota kecil atau di daerah pedalaman dengan adat dan budaya yang mengakar.

Terlepas dari hal itu tetap ada saja perempuan yang menginspirasi, sebut saja dalam kalangan muda mudi: Najwa Shibab, Cinta Laura, Agnez Mo, Sherly bahkan dari dulu sudah ada seperti R.A Kartini, Laksamana Malahayati, Cut nyak Dien bahkan banyak lagi perempuan-perempuan yang bisa dijadikan inspirasi. Di dunia luar ada Nawal El-Saadawi, namun penulis mengambil sosok perempuan hebat dan menginspirasi hidup penulis yaitu sosok ibu hebat “Ibuku”. Penulis sadar banyak sekali tokoh perempuan yang bisa dijadikan panutan atau teladan yang bisa membuat hidup terinspirasi dari kisahnya, tetapi penulis juga mempunyai sosok perempuan yang menjadi teladan dan inspirasi yang tidak kalah dari tokoh perempuan hebat lainnya.

Seorang perempuan hebat bernama “Ibuku” adalah orang paling hebat yang sangat menginspirais. Sosok lemah lembut dan penyayang yang memberikan kenyamanan dan keteduhan tiada tara. “Ibuku” adalah seorang perempuan yang selalu mengatakan bahwa perempuan itu harus mandiri, perempuan itu harus kuat dan perempuan itu harus cerdas. Ia adalah istri bahkan ibu yang sangat hebat, tidak pernah mengeluh melayani suami dan anak-anaknya,

tidak pernah berhenti mendoakan anaknya bahkan tidak pernah berhenti mengkhawatirkan anaknya. Perilaku dan pemikirannya menjadikan inspirasi bahwa menjadi perempuan hebat itu adalah impian penulis. Sangat bersyukur sekali penulis mempunyai seorang perempuan hebat dalam hidup yang sering dipanggil dengan sebutan “Ibu” menjadi perempuan insprasi dalam hidup.

Optimis dan keyakinannya yang kuat itu membuat anaknya tidak merasa takut menghadapi dunia, dukungannya akan sekolah tinggi, dukungan atas pendidikan itu sangat kuat kepada anaknya bahkan kepercayaan tinggi yang membuat anak-anaknya berani dan siap menjalani tantangan hidup.

Begitulah seorang perempuan hebat itu dalam hidup penulis. Penulis sangat yakin bahwa perempuan hebat itu benar-benar ada di dunia dan hal itu benar-benar diciptakan Tuhan untuk memperlihatkan kekuasannya. Banyak hal yang penulis pelajari dari kisah-kisah hidup perempuan hebat yang menginspirasi termasuk “Ibuku”, sosok perempuan yang tidak pernah lelah dan kalah dengan dunia. “Ibuku” selalu menasehati dengan kata-katanya luar biasa “Jadilah perempuan hebat, perempuan mandiri, perempuan tangguh agar kamu bisa menghadapi dunia ini dengan keberanian”.

Dalam hidupnya ia tidak pernah ingin mengurusi hidup orang lain, tidak mau ikut campur urusan orang lain walau kadang ada teman sesamanya yang bertengkar karena hal sepele dan ia memilih berteman dengan siapa saja tanpa memilih dengan syarat selalu menjaga diri sendiri. Ibuku adalah perempuan hebat, menginspirasi, optimis dan selalu produktif dengan perlakuannya serta cara ia berpikir yang bisa membawakan keteduhan dan kenyamanan dalam hidup.(*)