HIMAHI UMUSLIM Cetak 12 Anggota Pada Program Sehari Menjadi DPRK Bireuen

Adsense

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

HIMAHI UMUSLIM Cetak 12 Anggota Pada Program Sehari Menjadi DPRK Bireuen

1/06/2022



Peunawa.com | BIREUEN - Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (HIMAHI) Fakultas Sosial dan Politik Universitas Almuslim berhasil meloloskan Dua Belas (12) Anggota Baru DPRK Bireuen melalui program HIMAHI x DPR: Sehari Menjadi DPRK Bireuen,pada Kamis (02/01/2022) di DPRK setempat. 

Kegiatan ini merupakan program kolaborasi antara Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional dengan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Bireuen. 

Sebelum terpilih 12 Anggota DPRK yang akan menjabat selama sehari di Kantor DPRK Bireuen terdapat 37 Peserta yang mendaftar dari seluruh Universitas maupun Sekolah Tinggi yang ada di Kabupaten Bireuen termasuk Universitas Almuslim, UNIKI, dan lainnya.

Selain itu seluruh peserta melewati beberapa tahapan, termasuk Seleksi Administrasi, Wawancara, dan Motivation Letter, tidak hanya itu seluruh peserta juga diberikan akses untuk mengikuti Seminar Pemerintahan yang diisi Rahmad,S.Sos.,M.AP Dekan FISIP Universitas Almuslim dan Adri Patria, S.IP., M.A Kaprodi Ilmu Administrasi Publik sekaligus Pakar Politik Indonesia.

Dalam seminar ini bakal calon Anggota DPRK Bireuen diberi bekal serta pengetahuan seputar dunia politik dan pekerjaan sebagai DPR, kegiatan Sehari menjadi DPR ini diisi dengan penyambutan oleh Ketua DPRK Bireuen, Rusyidi Mukhtar, S.Sos, Wakil Ketua I DPRK Bireuen Syauqi Futaqi, S.Fil, Wakil Ketua II DPRK Bireuen, Suhaimi Hamid, S.Sos, dan Amartana Busri serta seluruh Anggota DPRK Bireuen.

Kegiatan ini juga menjadi ajang diskusi serta penyampaian suara masyarakat yang diwakilkan oleh 12 Anggota DPRK Bireuen yang terpilih melalui kegiatan Sehari menjadi DPR. Selanjutnya pada siang hari 12 Anggota DPR terpilih menjalankan Reses kepada organisasi masyarakat wanita di daerah Jeunieb. Pada kegiatan Reses ini, ke-12 Dewan di tuntut untuk dapat mendengar aspirasi masyarakat, mencari solusi, serta membentuk suatu organisasi yang nantinya bisa ditindaklanjuti oleh DPRK Bireuen.

Ketua Panitia, Henny Wahyu Hastari mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan sebagai ajang kepada mahasiswa untuk bisa lebih mengenal aktor politik dan mengetahui bagaimana menjadi seorang DPR selama sehari.

"Nantinya dari program ini diharapkan mahasiswa bisa lebih kritis dan mampu berbaur kepada masyarakat,"ungkapnya.

Muhammad Achdan Tharis selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (HIMAHI) Universitas Almuslim mengatakan sangat senang dengan kegiatan ini, karena pada akhirnya hal ini bisa berjalan dengan sukses. 

"Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada DPRK Bireuen yang telah menerima serta memfasilitasi akan keberlangsungan kegiatan ini. Sebagai anak sosial, inilah laboratorium dalam mengasah jiwa sosial kita. Selain itu, Saya merasa dari kegiatan inilah mahasiswa akan menjadi akrab bukan hanya kepada masyarakat namun juga kepada para dewan yang merupakan perwakilan suara kita,”tuturnya.

Fauzi,S.IP., M.A selalu ketua prodi Hubungan internasional Umuslim menyampaikan apresiasi positif atas inisiasi kegiatan oleh HIMAHI Umuslim.

"Kegiatan seperti ini sangat perlu dilakukan secara kontinyu, sebagai ajang kolaborasi legislatif dengan mahasiswa dalam pengabdian kepada masyarakat, sekaligus ajang pembelajaran dan cara positif lain menyampaikan aspirasi masyarakat kepada anggota perwakilan rakyat" Ujarnya.

Rusyidi Mukhtar, S.Sos berharap kegiatan ini bisa menjadi langkah awal perubahan intelektual mahasiswa di Kabupaten Bireuen, selain itu semoga kegiatan seperti ini bisa terus dilakukan secara berkelanjutan. 

Dan kami selalu siap untuk menerima para anggota legislatif yang terbentuk dari kegiatan ini kedepan.

Adapun 12 Anggota DPR yang terpilih antara lain, Abdul Aziz Maulana, Ridha Akmal, Abdul Kadir, Imam Muhajir, Munawir, Muhajir, Risma Maulina, Aqil Faza Saifullah, Amelia Rizkiani, Dinnie Anjelia, Mirda dan Zahratul Husna.(*)