Diduga Proyek Galian Pipa Air Bersih di Makmur Asal Jadi

Adsense

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Diduga Proyek Galian Pipa Air Bersih di Makmur Asal Jadi

10/29/2022

Peunawa.com l Bireuen - Pembangunan proyek galian pipa air bersih dengan nama Paket Pengembangan Jaringan Distribusi dan Sambungan Rumah Desa Leubu Mesjid Kecamatan Makmur diduga dikerjakan asal jadi, Jum'at (28/10/2022).

Proyek tersebut merupakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan pagu anggaran mencapai  2 milyar.

Informasi yang diterima media ini dari warga setempat bahwa proses galian dan pemasangan pipa air bersih ini dikerjakan asal jadi.

"Saat dimasukkan pipa kedalam galian tersebut didalam tidak disebarkan pasir bersih, yang nanti bisa mengakibatkan gesekan tanah bisa mengakibatkan kebocoran pada pipa, "ujarnya.

Selain itu, pada saat dilakukan pemasangan pipa dan penutupan galian dengan tanah terlihat tidak rapi, dan terlihat tidak rata, sehingga membuat parit jalan yang tidak rata dan juga bisa mengakibatkan air tergenang dibadan jalan.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Kabupaten Bireuen Akhyar saat dikonfirmasi beberapa waktu yang lalu mengatakan, untuk saat ini memang masih dalam proses pekerjaan, dan mengenai pasir memang tidak ada dalam rab untuk ditabur dalam lobang saat pipa di masukkan.

"Pasir halus ini memang tidak ada dalam rab, dan juga untuk tanah bekas galian yang tidak rata nanti akan dibenarkan kembali, dimana proses pekerjaan belum selesai, "pungkasnya.

Hingga saat ini media ini belum berhasil melakukan konfirmasi dengan pihak rekanan terkait proyek galian pipa ini yang dikerjakan oleh CV Zuhra. (**)