Panwaslih Lantik 609 Pengawas Pemilu Gampong (PPG) Se-Kabupaten Bireuen

Adsense

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Panwaslih Lantik 609 Pengawas Pemilu Gampong (PPG) Se-Kabupaten Bireuen

2/06/2023

Peunawa.com l Bireuen - Guna menyukseskan Pemilu Serentak 2024 mendatang, 609 Panitia Pengawas Gampong (PPG) Atau lebih di kenal dengan Panitia Pengawas Kelurahan/Desa (PKD), dilantik, Senin, 6 Februari 2023, di sejumlah kecamatan dalam Kabupaten Bireuen.

Informasi dihimpun Oleh Media, ratusan PKD yang dilantik tersebar di sejumlah kecamatan. Antara lain empat kecamatan di Hotel Bireuen Jaya, masing-masing Kecamatan Kota Juang, Kuala, Juli dan Jeumpa, serta beberapa kecamatan melakukan secara mandiri di ibu kota kecamatan.

Ketua Panwaslih Kabupaten Bireuen, Wildan Zacky E, kepada wartawan mengatakan, merujuk pada UU 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, kewenangan pembentukan dan pemberhentian PKD berada pada Panwaslu Kecamatan, dengan memerhatikan masukan bawaslu kabupaten/kota.

"Untuk itu kami berharap seluruh PKD yang dilantik hari ini, merupakan orang-orang terpilih dan terlatih yang dapat melaksanakan tugas pengawasan tahapan penyelenggaraan di desa masing-masing," ungkapnya.

Selain memiliki tugas, kewenangan maupun kewajiban, PKD juga diikat dengan kode etik yang harus ditaati selama menjadi bagian dari penyelenggara pemilu. Untuk itu ia berharap agar semaksimal mungkin tugas yang diemban dapat dijalankan di wilayah kerja PKD. (Rilis)