Dibekali Kompetensi, 112 Pemuda di Aceh Utara Ikut Pelatihan di BLKI

Adsense

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Dibekali Kompetensi, 112 Pemuda di Aceh Utara Ikut Pelatihan di BLKI

5/24/2023

Aceh Utara - Sebanyak 112 pemuda dan pemudi mulai mengikuti pelatihan life skill berbasis kompetensi yang diselenggarakan di UPTD Balai Latihan Kerja dan Industri (BLKI) Kabupaten Aceh Utara, Rabu, 24 Mei 2023.

Pembukaan kegiatan itu dilakukan oleh Penjabat Bupati Aceh Utara diwakili oleh Asisten I Setdakab Dayan Albar, SSos, MAP. Pelatihan itu didanai dengan sumber dana APBN Kementerian Ketenagakerjaan RI melalui DIPA Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Banda Aceh, akan berlangsung selama 33 hari.

Asisten I Setdakab Aceh Utara Dayan Albar, SSos, MAP, dalam sambutannya antara lain mengatakan siapapun saat ini harus berjuang untuk menciptakan SDM yang mumpuni untuk bisa hidup yang layak di masa depan. Pemkab Aceh Utara juga terus berusaha keras untuk meningkatkan SDM masyarakat sesuai dengan bidangnya masing-masing. 

Untuk itu, Dayan meminta peserta pelatihan agar bisa memanfaatkan kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) itu dengan baik. 

“Kepada seluruh para peserta saya menghimbau agar selalu disiplin dalam mengikuti pelatihan ini, dan manfaatkan semaksimal mungkin pelatihan tersebut,” harapnya.

Menurut Dayan, para peserta PBK itu sangat beruntung karena bisa mengikuti pelatihan yang diselenggarakan. Tidak semua bisa mengikuti pelatihan ini, sebab pesertanya sudah diseleksi sesuai dengan mekanisme yang ditentukan. 

Pada kesempatan itu, Dayan turut menyampaikan terimakasih kepada Kepala Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Banda Aceh yang telah memilih lokasi pelatihan di BLKI Aceh Utara. 

“Kita patut bersyukur bahwa di tahun 2023 ini melalui UPTD BLKI Dinas Penanaman Modal, Transmigrasi dan Tenaga Kerja (DPMTransNaker) Aceh Utara mendapatkan paket kegiatan PBK sebanyak 15 paket,” ungkapnya. 

Kepala UPTD BLKI Aceh Utara Nur Akmal, SE, sebelumnya melaporkan bahwa pihaknya mendapatkan 15 paket pelatihan PBK tahun ini. Dalam setiap paket terdapat 16 orang peserta. Seluruh peserta pelatihan Tahap I sebanyak 112 orang.

Kata dia, peserta terdiri dari pemuda putus sekolah dan pengangguran di dalam Kabupaten Aceh Utara dan sebagian kecil warga Kota Lhokseumawe. Adapun paket pelatihan diselenggarakan terdiri dari sub kejuruan menjahit pakaian dengan mesin, digital marketing, tata rias pengantin gaun panjang, intalasi listrik bangunan, servis sepeda motor injeksi dan pembuatan roti dan kue.

Sementara Kepala DPMTransNaker Aceh Utara Nyak Tiari, SE, MM, mengatakan melalui pelatihan ini para peserta nantinya harus mampu mengaplikasikan keahliannya di tengah-tengah masyarakat. Nanti di akhir pelatihan seluruh peserta akan diuji, dan bagi yang lulus akan mendapatkan sertifikat pelatihan dari Pemkab Aceh Utara. 

“Saya tekankan kepada peserta agar serius dan benar-benar mengikuti pelatihan ini, agar nantinya mampu melahirkan lapangan kerja di Kabupaten Aceh Utara khususnya, dan di Aceh pada umumnya,” harap Nyak Tiari.

Pembukaan pelatihan PBK ini turut dihadiri oleh sejumlah Kepala SKPK, pejabat BPJS Ketenagakerjaan Cabang Lhokseumawe, dan para pejabat terkait lainnya. (Murhaban)