Pengabdian Kepada Masyarakat, Tim Dosen Fakultas Pertanian Berikan Pelatihan Hidroponik NFT

Adsense

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Pengabdian Kepada Masyarakat, Tim Dosen Fakultas Pertanian Berikan Pelatihan Hidroponik NFT

8/02/2023


Peunawa.comBireuen - Tim Dosen Fakultas Pertanian Universitas Almuslim memberikan pelatihan Hidroponik sistem Nutrient Film Tehcnic (NFT) kepada Masyarakat Gampong Keude Matangglumpang Dua, Peusangan, Bireuen, Rabu (02/07/2023).

Dekan Fakultas Pertanian Dr.Hj.Elfiana, SP.,M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa pengabdian ini adalah bentuk tri dharma perguruan tinggi yang harus dilaksanakan oleh seorang dosen dimana tri dharma perguruan tinggi terdiri dari pengajaran, penelitian dan pengabdian.

"Pelaksanaan pelatihan ini sumber dana dari Hibah Internal Universitas Almuslim yang dimenangkan oleh Ketua, Nursayuti, SP.,MP, Naya Desparita, SP.,M.Si dan Dr.Hj.Elfiana, SP.,M.Si",ujar Dekan Fakultas Pertanian Umuslim.

Ia juga berharap dengan adanya pelatihan hidroponik ini, masyarakat Keude Matangglumpang Dua dapat melakukannya secara mandiri dan juga menambah pengetahuan masyarakat.

Nursayuti, SP.,MP,  salah satu pemateri pada pelatihan tersebut memberikan pengetahuan dasar teknik budidaya tanaman sayuran secara hidroponik, berbagai macam sistem hidroponik, pengetahuan dasar tentang nutrisi hidroponik serta pemasaran produk kepada Masyarakat Keude Matangglumpang Dua.

Kegiatan berlanjut dengan praktikum meliputi membuat, menyemai benih dan melarutkan nutrisi hidroponik.

Tim Dosen Fakultas Pertanian mengharapkan kepada masyarakat segala pengetahuan yang telah disampaikan dapat bermanfaat bagi masyarakat semuanya.

"Adanya reaksi positif peserta yang dapat menyerap ilmu pengetahuan dan keterampilan dengan baik setelah mengikuti pelatihan sehingga dapat meningkatkan pencapaian tujuan dari kegiatan pelatihan budidaya hidroponik"ujar Nursayuti, SP.,MP, Tim Dosen Fakultas Pertanian.

Ia juga mengharapkan, Masyarakat dapat memahami tentang teknik budidaya hidroponik yang bermanfaat untuk dapat memanfaatkan lahan terbatas dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat. 

Peserta yang mengikuti pelatihan, Ibu Rumah Tangga, Ibu PKK, Mahasiswa dan Tim yang bertugas.(arif)