Mafindo Aceh Adakan Pelatihan Pengindraan Hoaks untuk Pemilu

Adsense

 

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Mafindo Aceh Adakan Pelatihan Pengindraan Hoaks untuk Pemilu

Aduen Alja
11/21/2023


Peunawa.com |Banda Aceh
- Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) Wilayah Aceh kembali menggelar Sekolah Kebangsaan dengan tajuk Pengindraan Hoaks  Pemilu pada Senin (20/11/2023). Sekolah kebangsaan merupakan Program Tular Nalar untuk mengedukasi  anti hoaks bagi pemilih pemula, kegiatan berlangsung di Universitas Serambi Mekah (USM) di Banda Aceh
 
Destika Gilang Lestari dalam sambutannya memaparkan, Sekolah kebangsaan yang diselenggarakan hari ini menyasar  kepada pemilih pemula, dan mengedukasi 100 pemilih pemula untuk pemahaman literasi digital. Dan berharap setelah melakukan kegiatan sekolah kebangsaan ini, para mahasiswa bisa lebih peka terhadap hoaks untuk meyambut pesta demokrasi 2024. Dalam kesempatan ini Korwil Mafindo Aceh juga mengatakan bahwa mafindo terbuka bagi lembaga lain yang ingin bermitra melaksanakan Sekolah Kebangsaan. 

Irma Sari selaku ketua PIC kegiatan sekolah kebangsaan Tular Nalar menyampaikan  bahwa Program Tular Nalar menawarkan kurikulum literasi media sebagai sarana mewujudkan latihan-latihan untuk berpikir kritis yang diwujudkan dalam berbagai perkakas (tools) pembelajaran; mulai dari video, website, artikel rubrik, dan  lain-lain. "Melalui program Tular Nalar, yang meliputi berbagai jenjang, kompetensi literasi media dapat diasah sesuai dengan konteksnya. ", jelasnya. 

“Kita menyambut dengan baik adanya sekolah kebangsaan yang di selenggarakan oleh Mafindo Aceh karena kita menyadari bahwa pentingnya mengedukasi mahasiswa yang merupakan pemilih pemula  pada pemilu yang akan datang Dan penting adanya edukasi literasi digital untuk pemilih pemula  ucap Dekan FKIP USM, Dr Jalaluddin, S.Pd. M.Pd, dalam pembukaan acara sekolah kebangsaan mafindo Aceh.

Kegiatan ini membagi pengetahuan mengenai pemilu, demokrasi, pengindraan hoaks, dan waspada sanksi kepada 100 mahasiswa Fakultas Kejuruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) USM. Kegiatan pelatihan didampingi oleh 10 orang fasilitator yang terbagi dalam 10 kelompok peserta. 

Hadir pada kegiatan tersebut, Dekan FKIP Dr. Jalaluddin, S. Pd, M. Pd , Koordinator Wilayah (Korwil) Mafindo Aceh Destika Gilang Lestari, PIC Tular Nalar Aceh Irma Sari, wakil dekan I, wakil Dekan III, Para Ketua Prodi lingkup FKIP USM, Ketua Jaminan Mutu Fakultas.
Program Sekolah Kebangsaan ini diselenggarakan oleh MAFINDO Aceh  didukung oleh Google.org .