Plh Ketua PMI Aceh Hadiri Peringatan Hari Relawan di Lhokseumawe

Adsense

 

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Plh Ketua PMI Aceh Hadiri Peringatan Hari Relawan di Lhokseumawe

12/27/2023

Lhokseumawe – Plh Ketua PMI Provinsi Aceh, dr M.Fuad.Sp.PD KHOM, menghadiri acara peringatan Hari Relawan Palang Merah Indonesia, yang diselenggarakan di Hotel Lido Graha, Kota Lhokseumawe.

Plh Ketua PMI Provinsi Aceh, dr M. Fuad mengatakan, tema peringatan Hari Relawan Palang Merah Indonesia tahun 2024, yaitu “Bersatu Dalam Kerelawanan”. Relawan PMI bekerja dengan penuh semangat dan tanpa mengharapkan imbalan apa pun.

“Selamat Hari Relawan untuk seluruh Relawan Palang Merah Indonesia,” ujar dr M. Fuad, Selasa, 26 Desember 2023.

dr M. Fuad menambahkan, Hari Relawan Palang Merah Indonesia, tentunya memiliki kaitan dengan tragedi tsunami Aceh pada tahun 2004 lalu, kala itu sejumlah relawan PMI mampu menembus daerah-daerah yang terisolir.
Sehingga Presiden RI ke – 6 yakni Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY, menetapkan Hari Relawan PMI pada 26 Desember. Tujuan utamanya adalah untuk menghormati kegigihan sukarelawan dalam membantu dan menangani korban gempa tsunami Aceh 2004.

“Tetap semangat bagi seluruh relawan PMI dan terus bekerja untuk kemanusiaan,” tuturnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Lhokseumawe, A Hana siap membatu Palang Merah Indonesia Kota Lhokseumawe. Baik dalam hal pemenuhan ketersedian darah dan juga dalam persoalan bencana alam.

 “Kami atas nama Pemerintah Kota Lhokseumawe siap mendukung dan membantu Palang Merah Indonesia Kota Lhokseumawe. Tadi saya juga berbicara dengan pak sekda, apakah nantinya setiap OPD wajib donor darah rutin seperti yang dilakukan di provinsi,” ujar A Hanan.

A Hanan menambahkan, ada beberapa hal yang tentu tidak bisa dilakukan oleh orang lain dan hanya bisa dilakukan oleh relawan Palang Merah Indoesia, salah satunya adalah dalam persoalan memobilisasi ketersedian stok darah untuk masyarakat.
Maka tidak sedikit warga yang membutuhkan transfusi darah, baik karena pendarahan atau pun ada riwayat penyakit tertentu yang harus dilakukan transfusi darah secara rutin, namun terkadang tidak tahu harus dicari dimana

 “Kalau semua kita dan pegawai di Pemerintah Kota Lhokseumawe ikut mendukung untuk kegiatan donor darah, maka sangat membantu untuk terpenuhi jumlah ketersediaan darah untuk masyarakat,” tutur A Hanan.