Momentum Peringatan Maulid, Masjid dan Dayah Tahfizul Qur'an Ar Raudhah Lhoksukon Diresmikan

Adsense

 

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Momentum Peringatan Maulid, Masjid dan Dayah Tahfizul Qur'an Ar Raudhah Lhoksukon Diresmikan

1/10/2024


Lhoksukon - Dalam momentum peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H di Dayah Tahfizul Qur'an Ar Raudhah Lhoksukon yang dilaksanakan pada Selasa (09/01/2024) sekaligus dirangkai dengan peresmian Masjid dan Dayah tersebut.

Peresmian itu dilakukan oleh Mudir Ma’had Aly Raudhatul Ma’arif Cot Trueng Abi Dr. Safriadi, S.HI.,MA didampingi oleh Wakil Mudir Ma'had Aly Raudhatul Ma’arif Dr. Tgk. Jufri Yahya, MA, Waled Ule Reuleng dan Pimpinan Dayah Tahfizul Qur'an Ar Raudhah Tgk. Abdul Hamid, S.Sy.

Pimpinan Dayah Tahfizul Qur'an Ar Raudhah yang akrab disapa Abi Abdul Hamid mengatakan bahwa seyogyanya Peresmian Masjid dan Dayah Tahfizul Qur'an Ar Raudah Lhoksukon ini dilakukan langsung oleh Tgk. H Muhammad Amin Daud atau yang akrab disapa Ayah Cot Trueng.

"Seyogyanya peresmian ini dihadiri dan dilakukan langsung oleh yang mulia Ayah Cot Trueng, namun karena ada sesuatu dan lain hal yang tidak sempat Ayah Cot Trueng hadiri, sehingga diwakili oleh Mudir Ma'had Aly Dayah Cot Trueng yang juga merupakan menantu dari Ayah Cot Trueng," ucap Abi Hamid.

Melalui Abi Dr. Safriadi, Ayah Cot Trueng berpesan Dayah harus dijaga dan dipelihara dan didukung karena sebagai kebun untuk selamat dunia akhirat.

"Pimpinan dayah dan para guru wajib menjaga akhlak agar keberadan kita sebagai cerminan dapat diterima disemua kalngan masyarakat dan beut seumeubet sebagai wasilah mendapat keridhaan Allah dunia akhirat, maka jangan ada rasa malas sedikit pun untuk selalu menhajarkan ilmu agama (beut seumeubeut) ketika sudah di gampong," pesan Ayah Cot Trueng yang disampaikan oleh Abi Dr. Safriadi.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kakankemenag Aceh Utara, perwakilan Polres Aceh Utara, Muspika Lhoksukon, tokoh agama, tokoh masyarakat, wali santri, para donatur, serta para tamu undangan lainnya.

Untuk diketahui, jumlah santri Dayah Tahfizul Qur'an Ar Raudhah saat ini mencapai 330 orang dengan jumlah guru 35 orang, sedangkan jenjang pendidikan sudah tersedia mulai dari PAUD IT, TK IT, SMP IT, TPQ, Tahfizd Qur'an, Program Salafi Kitab Kuning.

Bahkan saat ini Dayah Tahfizul Qur'an Ar Raudhah Lhoksukon ini telah menjadi kepercayaan masyarakat Lhoksukon khususnya dan Kabupaten Aceh Utara umumnya, untuk menempuh pendidikan formal dan pendidikan Dayah serta program Tahfizul Qur'an. []